Mother&Baby Indonesia
Jadi Korban Gosip di Kantor? Ini Tips Menghadapinya

Jadi Korban Gosip di Kantor? Ini Tips Menghadapinya

“Ssst, kemarin dia ngomongin tentang kamu, lho!” bisik seorang rekan. Ya, mengetahui rekan kerja membicarakan Anda dari belakang memang tidak menyenangkan. Selain itu, gosip juga dapat menurunkan motivasi dan produktivitas Anda dalam bekerja. Oleh karena itu, jangan biarkan diri Anda menjadi salah satu korbannya ya, Moms. Meski tidak bisa dihindari, gosip dapat dihadapi dengan 4 cara berikut ini.


1. Jangan Masukkan Hati

Gosip hanyalah rumor yang dilengkapi dengan bumbu. Jadi, jangan dimasukkan ke dalam hati. Sebaliknya, tertawalah ketika Moms mendengarnya! Hal ini membuktikan bahwa Anda tidak mudah ditaklukkan oleh gosip yang beredar.




2. Persenjatai Diri dengan Fakta

Daripada terbawa emosi, lebih baik tunjukkan kebenarannya. Anda dapat memperlihatkan bukti pendukung dengan melibatkan pihak-pihak yang mengetahui kebenaran atau menggunakan informasi dan catatan lainnya. Mendengar fakta dari pihak ke-3, akan membuat pendengar gosip memiliki 2 pandangan, sehingga mereka dapat lebih objektif dalam menanggapinya.


3. Bicara Langsung dengan Si Biang Gosip

Gosip yang beredar sudah mulai menganggu? Coba ajak bicara si biang gosip. Jelaskan bahwa Anda tidak nyaman dengan sikapnya tersebut! Gunakan kalimat yang tidak bernada menyalahkan, seperti “Saya memahami bahwa Anda memiliki pehatian khusus terhadap cara kerja saya, tetapi saya berharap Anda dapat mengatakannya langsung, sehingga saya tahu apa yang perlu diperbaiki.”




4. Laporkan

Jika si biang gosip tidak juga berhenti, gunakan cara terakhir! Laporkan ulahnya kepada atasan, apalagi jika sudah merugikan Anda. Periksa juga peraturan di tempat kerja. Beberapa perusahaan memiliki peraturan tersendiri terkait etika dengan rekan kerja.


5. Kuatkan Mental

Gosip akan selalu ada di sekitar kita Moms, sehingga Anda perlu terbiasa dengan keberadaannya. Kuatkan mental dan fokus dengan pekerjaan! Pada akhirnya, prestasi Anda yang akan membuktikannya. Tetap semangat, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu bekerja,   gosip,   menghadapi gosip