Mother&Baby Indonesia
Sharena Delon Berbagi Pengalaman Bahagia Susui Si Kecil

Sharena Delon Berbagi Pengalaman Bahagia Susui Si Kecil

Dalam kamus hidup Sharena Delon, menyusui adalah hal yang harus dilakukan oleh seorang ibu. Sebagai anak ASI yang juga berada di dalam keluarga yang memiliki kebiasaan mengASIhi secara turun-temurun, Sharena tak punya pilihan lain selain menyusui Si Kecil.

Sharena Delon, 36, merasa beruntung tidak memiliki masalah dengan produksi ASI-nya. Maka bagi Istri dari artis Ryan Delon Situmeang, 34, menyusui merupakan opsi terbaik dan kesempatan yang tak mungkin ia sia-siakan. Meski sempat terkena mastitis saat menyusui menjadi tantangan yang cukup berat baginya, ia tak menyerah dan berusaha untuk tetap menyusui Si Kecil.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisinya, ibu dari Ryshaka Dharma Situmeang, 5, dan Sea Dedari Situmeang, 1, ini tak lupa selalu menjaga suasana hatinya agar tetap baik demi kelancaran proses menyusui Si Kecil. Yuk Moms, simak selengkapnya cerita Sharena tentang pengalaman dan rahasia suksesnya menyusui Sea!




M&B: Mengapa Anda Memilih Menyusui Si Kecil?

Sharena: Menyusui itu kan, is always the best option if possible. Untungnya saya selalu diberikan possibility untuk menyusui anak saya, jadi tidak mungkin saya sia-siakan kesempatan ini. Mungkin karena saya juga anak ASI, jadi di kamus saya, seorang ibu itu harus menyusui ketika punya anak. Kebetulan keluarga saya itu mulai dari nenek, ibu saya, sampai sekarang saya jadi ibu, semuanya memang direct breastfeeding dan untungnya kami tidak pernah punya masalah dengan ASI. Jadi karena faktor keturunan tersebut juga saya tidak pernah memilih hal lain selain menyusui. Saya juga sangat menyukai menyusui Si Kecil. Saya merasa kagum bahwa anak-anak saya itu hidup dari air susu saya.


M&B: Apa Manfaat yang Anda Rasakan dari Mengasihi Si Kecil?

Sharena: Banyak orang bilang dengan menyusui berat badan kita jadi cepat turun, tapi hal ini tidak berlaku pada saya. Dengan menyusui saya justru menjadi cepat lapar, jadi berat badan juga lebih cepat naik, hehe. Saat menyusui Sea, saya kan pumping juga. Entah ini saya saja atau ibu-ibu lain juga merasakan hal yang sama, tapi sehabis pumping saya jauh lebih lapar. Benar-benar ‘buas’ yang langsung kelaparan.

Meski demikian saya percaya sekali bahwa ASI itu pilihan terbaik untuk Si Kecil dan banyak manfaatnya. Baik secara gizi dan lain-lainnya. Saya lebih tenang secara self defense tubuhnya, immunity-nya, serta tumbuh kembangnya. Saya sangat over believer kalau ASI itu benar-benar the best option.




M&B: Bagi Anda, Seberapa Penting Memenuhi Kebutuhan Gizi saat Menyusui?

Sharena: Penting sekali, bahkan pemenuhan gizi sebenarnya sudah saya lakukan sejak hamil. Ketika hamil saya jadi lebih ekstra memikirkan soal gizi saya. Karena makanan apa pun yang masuk dalam tubuh saya, masuk juga ke janin. Jadi saya jauh lebih mengutamakan segala makanan yang nutrisinya baik untuk saya dan Si Kecil.

Ketika menyusui, karena kebetulan saya merasa tidak punya masalah dengan supply ASI, jadi saya makan jenis sayur apa pun. Saya tidak mengkhususkan misalnya mencari daun katuk atau apa untuk meningkatkan produksi ASI. Saya memang pecinta sayuran hijau, jadi paling biasanya saya makan bayam, brokoli, dan lain-lain.


M&B: Saat Hamil dan Menyusui, Apakah Cukup Bila Memenuhi Nutrisi dari Makanan Saja?

Sharena: Selain mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, saya juga cari aman dan tetap mencari suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saya dan Si Kecil saat hamil dan menyusui. Banyak manfaat yang bisa saya dapatkan dari mengonsumsi suplemen karena biasanya nutrisi di dalamnya jauh lebih lengkap. Saya juga jadi lebih tenang meski saya hanya mengonsumsi makanan yang dibuat sendiri karena nutrisi saya dan Si Kecil tetap terpenuhi dengan mengonsumsi suplemen yang kaya nutrisi.


M&B: Lalu, Bagaimana Cara Anda Memenuhi Kebutuhan Nutrisi?

Sharena: Untuk memenuhi dan memastikan nutrisi saya dan Si Kecil tercukupi, dari dulu saya memilih Blackmores. Produk ini nomor satu di Australia. Waktu hamil kebetulan saya terapi dengan kakak saya yang seorang holistic healer, jadi saya disarankan untuk mengonsumsi apa pun yang sebisa mungkin aman, alami dan kandungan nutrisinya lengkap. Ia pun merekomendasikan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold karena kandungan nutrisinya lengkap dengan 17 nutrisi esensial, DHA, asam folat, kalsium, zat besi, dan vitamin juga mineral lainnya, membantu memenuhi nutrisi saya dan Sea, selama kehamilan hingga menyusui. Jadi saya tidak khawatir lagi dan menjalani masa menyusui dengan tenang dan happy. (M&B/Vonda Nabilla/ND/SW/Dok. M&B)



Tags: ibu menyusui,   anak,   bayi,   menyusui anak,   tantangan menyusui,   sharena delon,   blackmores








Related Article