Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Tanda-Tanda Anda Membutuhkan Asisten di Rumah

Moms, Ini Tanda-Tanda Anda Membutuhkan Asisten di Rumah

Lelah mengurus anak dan kebutuhan rumah tangga? Tenang, saja Moms. Kondisi ini bisa dialami siapa saja, baik ibu rumah tangga maupun Moms yang juga bekerja.

Sah-sah saja jika Anda sesekali merasa penat dengan rutinitas sehari-hari. Nah, kala rasa lelah datang melanda, Anda sebaiknya tidak memaksakan diri untuk terus mengerjakan segala sesuatunya seorang diri. Sangat disarankan bagi Moms untuk berbagi tanggung jawab dengan pasangan.

Jika diperlukan, Moms dan suami bisa mempekerjakan asisten rumah tangga atau pengasuh guna membantu mengurus segala sesuatunya di rumah, khususnya apabila Anda sudah merasakan hal-hal berikut ini:




1. Selalu Merasa Lelah

Setiap orang pasti merasa lelah setelah bekerja seharian. Akan tetapi Moms perlu waspada jika rasa lelah itu tak hilang meski Anda telah mendapatkan cukup waktu untuk beristirahat. Fisik Anda memang telah pulih, tapi tidak dengan jiwa dan pikiran. Alhasil, Anda akan mengalami kelelahan kronis dan merasa sepanjang hari harus berjuang dengan diri sendiri setiap kali melakukan suatu pekerjaan.


2. Berpikir Negatif

Apakah Moms sering merasa suami mulai melupakan Anda? Menganggap diri Anda tidak bisa melakukan tugas-tugas harian dengan benar? Atau menganggap teman-teman Anda sudah menjauh karena tidak menyukai Anda? Selalu berpikir negatif adalah salah satu tanda Anda mulai dilanda kekelahan secara mental. Hal ini akan menciptakan perasaan tidak bahagia dalam diri Anda.


3. Menjauhi Orang-Orang

Dalam keadaan lelah secara mental, tak jarang Anda justru menjauhi kerabat maupun teman. Biasanya hal tersebut disebabkan karena Anda tak ingin menerima ‘penilaian’ dari orang lain. Faktanya, tak jarang sesama ibu akan saling membandingkan kehidupan mereka, termasuk urusan mendidik anak maupun mengatur rumah tangga. Bagi sebagian Moms, pembicaraan semacam ini bisa menimbulkan rasa sedih dan rendah diri.




4. Merasa Kesepian

Meski masih memiliki teman-teman yang selalu menanyakan kabar, Anda tetap merasa sendirian. Anda juga merasa tak satu pun dari mereka yang mengerti keinginan atau memahami kondisi yang sedang Anda hadapi. 


5. Tak Puas dengan Kehidupan

Jika Moms terlalu sering memimpikan kehidupan yang berbeda, hal itu bisa menjadi pertanda Anda merasa lelah dengan kondisi saat ini. Rasanya Anda ingin melarikan diri dari kehidupan Anda yang sekarang. Bukan tak mungkin, kepedulian Anda terhadap lingkungan sekitar, termasuk kepada anak-anak dan suami, menjadi hilang.


6. Perubahan Mood yang Cepat

Rasa tidak puas terhadap keadaan, kesepian, dan pikiran negatif akan membuat Anda lebih sensitif, Moms. Anda pun akan mengalami perubahan mood yang cepat. Hal paling sepele pun akan memicu emosi Anda sehingga timbul perasaan kesal atau bahkan marah.

Apabila Moms mengalami tanda-tanda tersebut, artinya Anda merasa lelah secara fisik dan juga emosi. Segera minta bantuan pasangan Anda atau ahlinya agar Anda bisa merasa lebih baik. Tak perlu merasa bersalah untuk mengakui bahwa Anda membutuhkan seorang pengasuh atau asisten guna membantu pekerjaan sehari-hari. Bagaimana pun, Moms juga manusia biasa yang bisa merasa lelah. Ingat Moms, dengan menjaga perasaan tetap bahagia maka Anda akan lebih maksimal dalam menjalankan peran sebagai ibu. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   asisten rumah tangga,   art








Related Article