Mother&Baby Indonesia
Tips Anti-Galau bagi Ibu Bekerja

Tips Anti-Galau bagi Ibu Bekerja

Menjadi ibu sekaligus wanita bekerja tentunya tak mudah. Anda tidak hanya harus bisa membagi tenaga, melainkan juga emosi dan konsentrasi. Lantas bagaimana jika Anda mengalami masalah di rumah, tapi banyak pekerjaan yang harus diselesaikan?

Si Kecil sakit? Atau Moms mungkin tengah berselisih paham dengan suami atau mertua? Masalah rumah tangga semacam ini kerap membuat para ibu yang bekerja merasa gundah kala berada berada di kantor. Alhasil, konsentrasi pun terganggu. Anda juga menjadi lebih ceroboh dalam bekerja dan mudah tersinggung dengan perkataan rekan di kantor.

Namun jangan khawatir Moms, karena M&B punya tips bagi ibu bekerja untuk menjaga hati tetap tenang ketika ada masalah di rumah.




1. Berbagi Tanggung Jawab

Sesungguhnya, mengurus anak merupakan tanggung jawab Moms dan Dads. Jadi apabila Si Kecil sakit, Moms bisa membicarakannya dengan pasangan untuk bergantian menjaganya di rumah. Apabila Moms memiliki pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, mungkin Anda bisa meminta suami untuk sementara menemani anak yang kondisi badannya kurang sehat.


2. Memiliki Support System

Anda bukan wanita super yang bisa melakukan segalanya seorang diri! Ada kalanya, Anda memerlukan bantuan untuk mengurus rumah tangga di tengah kesibukan sebagai wanita bekerja. Support system bisa terdiri dari asisten rumah tangga, babysitter, saudara, atau bahkan orang tua Anda sendiri. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa asisten rumah tangga atau nanny, pastikan mereka bisa dipercaya. Sangat disarankan bagi Moms untuk mempekerjakan asisten atau babysitter yang berasal dari yayasan terkenal dengan reputasi mumpuni.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa meminta bantuan orang tua atau saudara untuk ikut mengawasi Si Kecil. Apabila anak menderita sakit ringan, Moms bisa saja mempercayakannya kepada support system di rumah. Namun sangat disarankan, Moms memprioritaskan Si Kecil ketika mengalami sakit yang cukup parah.




3. Manfaatkan Teknologi

Jika rasa gundah tak kunjung mereda, Anda selalu bisa memanfaatkan teknologi guna memantau Si Kecil yang tengah sakit di rumah. Telepon atau melakukan panggilan video untuk sekadar memastikan anak dalam kondisi yang cukup baik bisa sedikit mengurangi rasa gelisah Anda.


4. Me Time!

Bukan hanya di rumah, di kantor pun Anda membutuhkan waktu untuk sendiri, khususnya ketika sedang memiliki masalah dengan pasangan. Anda bisa meminta rekan kerja untuk tidak mengganggu selama beberapa saat. Agar pikiran Moms lebih tenang, Anda bisa juga memanfaatkan waktu istirahat untuk mendengarkan musik atau membaca buku favorit.


5. Curhat? Kenapa Tidak!

Apabila Moms memiliki sahabat di kantor, tak ada salahnya Anda bercerita soal masalah Anda kepadanya. Curhat bisa meringankan beban sekaligus membuat perasaan Anda lebih lega, lho. Akan tetapi, pastikan teman curhat Anda memang benar-benar bisa dipercaya dan tidak akan menyebarkan masalah Anda ke seluruh orang di kantor. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu bekerja,   support system,   babysitter,   me time