Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Superfood untuk MPASI Bayi Anda

Moms, Ini Superfood untuk MPASI Bayi Anda

Setelah anak Anda ‘lulus’ ASI eksklusif 6 bulan, kini tiba waktunya untuk menikmati makanan pendamping ASI atau yang biasa disebut MPASI. Namun jangan samakan porsi makan bayi dengan anak usia sekolah ya, Moms. Perut bayi masih begitu mungil, sehingga tentu saja ia belum bisa makan terlalu banyak.

Menurut dr. Raissa Edwina Djuanda, SpGK, M.Gizi, dari RS Pondok Indah – Puri Indah, sekitar 1-3 sendok makan per hari sudah cukup untuk pengenalan makanan pertama. “Pada masa tersebut, Si Kecil pun masih mendapatkan asupan ASI sehingga MPASI sekadar penambah dan pengenalan makanan,” jelas dr. Raissa.

“Tidak ada aturan yang mengikat untuk pemberian bahan makanan. Tapi pada tahapan awal, disarankan memilih bahan makanan yang mudah dicerna serta rendah risiko menimbulkan reaksi alergi. Pepaya, wortel, labu, ubi jalar, pir, apel, kentang, dan bubur beras bisa menjadi pilihan menu MPASI pertama,” jelas dr. Raissa Edwina Djuanda, SpGK, M.Gizi, dari RS Pondok Indah – Puri Indah.



Maka, penting bagi Anda untuk memastikan makanan yang Anda berikan untuk Si Kecil sudah sangat bernutrisi. Ya, makanan seperti ini juga sering disebut sebagai superfood! Makanan apa saja sih yang tergolong sebagai superfood? Simak daftarnya di bawah ini yuk, Moms.

1. Ubi Jalar

Menurut dr. Raissa, ubi jalar adalah salah satu jenis makanan yang baik dan aman untuk dijadikan menu MPASI perdana. Selain rasanya yang pasti disukai bayi, ubi jalar juga kaya akan potasium, vitamin C, dan serat.

2. Wortel

Wortel juga baik untuk dijadikan menu MPASI pertama, karena kaya akan nutrisi yang diperlukan Si Kecil. Salah satu kandungan nutrisi dalam wortel adalah betakaroten, yang kemudian akan diubah tubuh menjadi vitamin A. Ini tentu baik untuk menjaga kesehatan mata anak. Berikan wortel yang telah dimasak sempurna hingga lunak ya, Moms.



3. Daging Ayam

Sumber protein yang baik bagi bayi ini jarang menimbulkan reaksi alergi. Kandungan energi dan protein pada daging ayam memegang peranan penting dalam tumbuh kembang dan kecerdasan anak. “Kekurangan energi dan protein dapat menyebabkan otak anak tidak berkembang optimal dan akan mengakibatkan gangguan motorik dan kecerdasan,” tulis Ayu Bulan Febry, S.Km, dan dr. Zulfito Marendra, dalam bukunya 101 Menu MPASI Sehat.

4. Beras Merah

Kaya akan vitamin B kompleks yang sangat penting untuk kesehatan fungsi otak. Sumber karbohidrat kompleks ini juga membantu meningkatkan hormon serotonin dalam otak yang memperbaiki suasana hati dan menenangkan otak Si Kecil lho, Moms.

5. Ikan Laut Dalam

Contoh ikan-ikan yang hidup di perairan laut dalam adalah salmon, tuna, sardine, makarel, tenggiri, dan kembung. Ikan laut dalam ini banyak mengandung DHA dan EPA yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak. Moms khawatir MPASI ikan memicu reaksi alergi? Dalam laman IDAI disebutkan, “Penundaan pemberian ikan dan telur sampai usia satu tahun tidak berguna untuk mencegah alergi.”

Apalagi superfood lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil? Moms bisa baca penjelasan lebih lengkapnya di Majalah Mother&Baby edisi Oktober 2019. Jangan sampai ketinggalan ya, Moms! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   makanan,   nutrisi,   mpasi,   makanan pendamping asi