Mother&Baby Indonesia
Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh dengan “Isi Piringku”

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh dengan “Isi Piringku”

Moms, Anda tentunya sudah paham bahwa aktivitas makan yang kita lakukan bukan sekadar untuk mendapatkan rasa kenyang semata, namun juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi buat tubuh. Makanan yang kita konsumsi dan masuk ke dalam tubuh juga akan berpengaruh pada sistem tubuh kita, dan lebih jauh akan menentukan status kesehatan kita untuk sekarang dan di masa mendatang.

Nah, menyambut Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada 16 Oktober, yuk kita ketahui pentingnya memenuhi nutrisi dari pangan yang kita asup sehari-hari.

Saat kecil, Anda mungkin familiar dengan slogan “4 Sehat 5 Sempurna”. Kini, Kementerian Kesehatan RI telah mengampanyekan slogan baru yakni “Isi Piringku” sebagai pengganti slogan “4 Sehat 5 Sempurna” untuk pedoman konsumsi sehari-hari dalam memenuhi gizi seimbang. Apa itu "Isi Piringku"? Yuk, kita kenali slogan ini lebih jauh.




Aturan Pembagian Makanan dalam "Isi Piringku"

Dalam sekali makan, keragaman makanan yang mencakup karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral merupakan suatu kebutuhan yang harus ada. Ini disebabkan semua zat tersebut diperlukan tubuh, namun tidak ada satu pun makanan yang mengandung semua zat gizi tersebut. Karena itu, keragaman pangan sangat penting.

Nah, slogan "Isi Piringku" menggambarkan porsi makan yang sebaiknya kita konsumsi dalam satu piring, terdiri atas separuh piring berisi buah dan sayur, serta separuh piring sisanya berisi karbohidrat dan protein.

Untuk lebih jelasnya, ini aturan pembagian makanan dalam "Isi Piringku":

• Setengah porsi piring makan, terdiri dari sayur dan buah-buahan dengan aneka jenis dan warna.

• Seperempat porsi piring makan berisi protein, bisa berupa ikan, ayam, telur, atau lauk dari kacang-kacangan. Sebaiknya batasi mengonsumsi daging merah maupun daging olahan.



• Seperempat porsi piring makan berisi karbohidrat dari nasi merah, gandum utuh, atau biji-bijian. Hindari memilih sumber karbohidrat yang memiliki kandungan gula tinggi.

Moms juga perlu membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak sehari-hari. Maksimal konsumsi gula seseorang ialah empat sendok makan per hari, garam satu sendok teh, dan lemak atau penggunaan minyak goreng maksimal lima sendok makan.

Slogan ini bisa menjadi acuan dalam menentukan pola makan sehat guna mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Kendati demikian, pengaturan "Isi Piringku" juga bisa disesuaikan dengan kebiasaan dan karakter dari daerah masing-masing, selama masih memenuhi gizi seimbang.


Hal Lain yang Perlu Diperhatikan

"Isi Piringku" juga menekankan empat hal penting lainnya, yaitu mencuci tangan sebelum makan, melakukan cukup aktivitas fisik, minum cukup air putih, serta memantau tinggi badan dan berat badan.

Pemberian asupan makanan yang tepat ini sebaiknya mulai dilakukan sejak dini ya Moms, yaitu ketika anak mulai diperkenalkan makanan. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pola makan anak tersebut di kemudian hari, terlebih saat anak berusia remaja. Pengenalan aneka ragam jenis makanan juga akan mengajarkan pada anak untuk mengenal berbagai jenis dan kombinasi makanan. Dengan demikian anak tidak akan menjadi tipe pemilih terhadap jenis makanan (picky eater).

Selain itu, dengan "Isi Piringku" ini diharapkan kita jadi lebih peduli terhadap kesehatan diri dan keluarga. Jadi, apakah isi piring Anda dan Si Kecil sudah memenuhi gizi seimbang, Moms? (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kesehatan,   isi piringku