Mother&Baby Indonesia
Ini 16 Subspesialisasi Dokter Anak yang Perlu Moms Tahu

Ini 16 Subspesialisasi Dokter Anak yang Perlu Moms Tahu

Saat Si Kecil sakit berhari-hari, langkah terbaik yang Moms lakukan tentu membawanya ke dokter anak. Namun, jangan asal membawanya ke dokter anak, karena Anda juga perlu memerhatikan subspesialisasi dokter anak ya, Moms. Walaupun gelarnya sama-sama dokter spesialis anak, namun beda subspesialisasi, beda pula fokus yang ditangani beliau. Untuk itu, memperingati Hari Dokter Nasional yang jatuh pada 24 Oktober, mari kenali beberapa jenis subspesialisasi pada dokter anak di bawah ini.


Alergi & Imunologi

Alergi mungkin menjadi gangguan kesehatan yang paling sering terjadi pada anak. Dokter dengan subspesialis alergi dan imunologi dapat mendiagnosis dan membantu meredakan keluhan alergi pada anak.




Emergensi & Rawat Intensif Anak (ERIA)

Dokter spesialis ini merawat anak yang membutuhkan perawatan intensif, maka dokter ini sering juga disebut dengan intensivist. Mereka juga mendiagnosis dan mengobati anak yang sakit kritis. Jenis penyakit yang mereka tangani mungkin cukup beragam, namun semuanya butuh pengobatan khusus dan pantauan tingkat tinggi.


Endokrinologi

Beberapa penyakit yang berkaitan dengan hormon dan atau gangguan metabolik bisa dirawat oleh dokter anak subspesialis endokrinologi. Beberapa contoh masalah kesehatan yang ditangani adalah diabetes, gangguan kelenjar, dan masalah pertumbuhan.


Gastroenterologi

Dokter ini merawat anak yang mengalami masalah dengan pencernaan. Sama seperti orang dewasa, anak pun bisa mengalami irritable bowel syndrome, pankreatitis, dan penyakit hati.


Hematologi & Onkologi

Ini adalah subspesialis yang merawat anak dengan masalah kanker dan darah, seperti leukemia, tumor otak, hemofilia, anemia, dan neutropenia.


Infeksi & Penyakit Tropis

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia, keahlian dokter anak dengan subspesialis infeksi dan penyakit tropis tentunya sangat diperlukan. Dokter ini mengatasi berbagai jenis masalah kesehatan anak yang sering muncul di negara tropis, seperti demam berdarah.


Kardiologi

Anak dan bayi mungkin mengalami gangguan cardiac atau jantung. Ada yang bermasalah sejak lahir, namun ada juga yang baru bermasalah saat sudah lebih besar. Pakar kardiologi anak bisa mengobati anak dengan kedua masalah tersebut.


Neonatologi

Ini adalah dokter anak yang fokus merawat bayi baru lahir, khususnya yang lahir prematur dan atau yang sakit kritis. Dokter anak dengan subspesialisasi ini juga kerap menemani persalinan berisiko tinggi, agar bisa segera merawat bayi baru lahir yang prematur atau sakit kritis.

Umumnya dokter neonatolog merawat newborn dengan masalah kesehatan seperti lahir dengan cacat bawaan, gangguan jantung, dan kelahiran prematur yang mengancam nyawa.




Neurologi

Ini adalah dokter yang fokus merawat gangguan syaraf pada anak. Contoh penyakit yang ditangani oleh dokter neurologi anak adalah epilepsi, kejang, juga meningitis atau radang selaput otak.


Nefrologi

Jika anak bermasalah dengan ginjal, maka dokter dengan subspesialis ini adalah orang yang paling tepat untuk dimintai bantuan. Contoh penyakit yang ditangani dokter ini adalah gangguan fungsi ginjal anak, juga gagal ginjal yang membutuhkan cuci darah.


Nutrisi & Penyakit Metabolik

Jika anak Anda mengalami kurang gizi, obesitas, susah makan, berat badan kurang, atau masalah lainnya yang berkaitan dengan nutrisi, maka inilah dokter yang tepat untuk membantu Anda.


Pencitraan

Dokter dengan subspesialis ini adalah dokter anak yang berfokus pada bidang imaging, seperti rontgen, X-ray, USG, dan lainnya.


Pulmonologi

Anak juga bisa mengalami masalah pernapasan sejak lahir, atau baru terjadi seiring pertambahan usianya. Dokter anak dengan subspesialisasi pulmonologilah yang merawat anak yang bermasalah dengan fungsi kerja parunya.


Respirologi

Ini adalah sebutan lain untuk subspesialis pulmonologi, keduanya sama-sama merawat anak dengan masalah pernapasan, seperti TBC, asma, bronkitis, dan pneumonia.


Rheumatologi

Dokter ini mendiagnosis dan mengatasi anak yang bermasalah dengan sendi dan tulang. Beberapa keluhan yang paling sering diatasi oleh pakar rheumatologi anak adalah vasculitis, lupus, dan juvenile rheumatoid arthritis.


Tumbuh Kembang

Mungkin ini subspesialis yang paling sering ditemui, karena dokter ini merawat dan memastikan tumbuh kembang anak sudah sesuai dengan anjuran Badan Kesehatan Dunia. Contoh penyakit yang ditangani dokter ini adalah gangguan tumbuh kembang, speech delay, dan gagal tumbuh. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: dokter anak,   pediatrik,   kesehatan