Mother&Baby Indonesia
Moms, Belajar Mencuci Tangan Sejak Dini Penting, Lho!

Moms, Belajar Mencuci Tangan Sejak Dini Penting, Lho!

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mencuci tangan, khususnya saat sebelum makan dan setelah dari toilet. Tetapi melakukannya tidak boleh asal, karena mencuci tangan yang tepat adalah menggunakan sabun dan membilasnya dengan air mengalir.

Dalam rangka menyambut Hari Cuci Tangan Sedunia pada 15 Oktober, Moms punya tugas penting untuk mengenalkan Si Kecil serba-serbi tentang mencuci tangan. Mulai dari manfaatnya, risiko tidak melakukannya, dan cara mencuci tangan yang benar. Berikut selengkapnya ya, Moms.




Risiko Tidak Mencuci Tangan

Telapak tangan menjadi bagian tubuh yang sering digunakan, untuk memegang atau menggenggam suatu benda. Hal ini akan semakin mempermudah bakteri, virus, dan kuman penyakit untuk menyerang Anda. Sebab meski tidak terlihat, kuman bisa masuk ke dalam tubuh melalui kulit tangan atau sela kuku dan jari.

Dan jika tidak mencuci tangan dengan sabun, maka kuman tersebut akan tetap menempel dan berpindah ke bagian tubuh yang lain, seperti masuk ke mulut, menempel di sekitar hidung atau mata. Alhasil, tidak hanya influenza dan batuk, tetapi juga penyakit seperti diare, gangguan saluran pernapasan, infeksi mata, meningitis hingga virus bronchitis bisa muncul dan menyerang Si Kecil.


Manfaat Untuk Si Kecil

Mencuci tangan menggunakan sabun tentunya memberi sejuta manfaat untuk anak Anda. Selain mencegah penyebaran berbagai risiko penyakit, Si Kecil juga belajar menjaga kebersihan dirinya sendiri yang bisa dilakukan tak hanya dengan mandi saja.

Perlu Moms ketahui bahwa tidak ada batasan kapan harus mengajarkan anak mencuci tangan. Tapi sebagai panduan, waktu yang tepat untuk mengenalkan dan membiasakan cuci tangan adalah setelah bermain (di dalam ataupun luar ruangan), sebelum makan, sesudah buang air, dan sebelum tidur.

Agar semakin ingat, Moms bisa memasang pesan-pesan tentang baiknya mencuci tangan di dinding atau area bermain anak. Buat pesan semenarik mungkin sehingga Si Kecil bisa selalu mengingat dan mau melakukannya setiap hari.


Cara Mencuci Tangan

Mencuci tangan tidak boleh sembarangan! Hal pertama yang perlu dipahami adalah cuci tangan menggunakan sabun. Beri pemahaman kepadanya bahwa sabun mengandung zat-zat yang dapat membuat tangan lebih bersih, dibanding jika hanya mencucinya di bawah air mengalir.



Lalu, bagaimana cara mencuci tangan yang tepat? Simak panduannya berikut ini:

1. Basahi tangan, lalu beri sabun di area telapak tangan.

2. Gosok kedua telapak tangan secara memutar, lalu usap kedua punggung tangan.

3. Gosok area sela-sela jari tangan, serta bersihkan ujung jari dengan posisi saling mengunci.

4. Bersihkan sela-sela kuku, lalu gosok dan putar ibu jari.

5. Lakukan hal tersebut selama 20-30 detik.

6. Bilas tangan dengan air bersih, kemudian seka dengan handuk atau tisu kering.

Lakukan hal ini secara rutin, maka Si Kecil akan mampu melakukannya secara otomatis tanpa harus dipaksa atau diminta lagi. Dengan mencuci tangan setiap hari, kebersihan dan kesehatan tubuh pun bisa terjaga dengan lebih baik. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   cuci tangan,   balita,   anak