Mother&Baby Indonesia
Mata Kedutan Pertanda Dapat Rezeki? Ini Penjelasannya

Mata Kedutan Pertanda Dapat Rezeki? Ini Penjelasannya

Moms, sering mengalami kedutan pada mata Anda? Dulu, orang bilang kalau kita mengalami mata kedutan, itu berarti kita akan mendapat rezeki. Mitos ini mungkin kerap Anda dengar juga. Namun benarkah demikian?

Sehubungan dengan peringatan Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight Day yang jatuh pada setiap Kamis minggu kedua bulan Oktober, yuk kita ketahui lebih jauh mengenai kedutan pada mata dan penjelasan medisnya.




Apa Mata Kedutan Itu?

Mata kedutan merupakan kondisi berupa denyutan atau getaran di area kelopak mata, kadang di kelopak mata bagian atas, kadang juga di kelopak mata bagian bawah. Sensasi ini umumnya dialami secara berulang dan terjadi di luar kendali kita. Biasanya juga kita kedutan pada salah satu mata, hampir tidak pernah terjadi kedutan pada kedua mata dalam waktu bersamaan.

Sensasi denyutan atau getaran ini muncul disebabkan oleh saraf kelopak mata bagian atas atau bawah yang menegang atau kejang. Kondisi ini tidak terlalu mengganggu dan berbahaya. Kedutan ini umumnya terjadi sangat ringan dan terasa seperti tarikan lembut pada kelopak mata. Walaupun begitu, kedutan bisa jadi sangat mengganggu jika terjadi cukup kuat sampai menyebabkan kelopak mata Anda menutup dan membuka kembali.


Penyebab Mata Kedutan

Belum diketahui penyebab pasti mata mengalami kedutan. Menurut para peneliti, biasanya otot mata yang mengalami kejang adalah orbicularis oculi, yang berperan dalam proses membuka dan menutup kelopak mata. Meskipun demikian, ada berbagai aktivitas yang bisa menjadi pemicu mata kedutan, antara lain:

1. Terlalu lama menatap layar komputer atau gadget. Kelamaan menatap layar komputer atau gadget bisa membuat mata Anda lelah lho, Moms. Nah, hal ini berisiko menyebabkan kelopak mata Anda berkedut, terutama buat Anda yang memiliki mata kering, risiko mata berkedut bisa lebih besar lagi.

2. Kurang istirahat atau merasa lelah. Seharian beraktivitas tentu akan bisa melelahkan mata Anda. Itu sebabnya Anda butuh istirahat yang cukup, salah satu tujuannya adalah untuk mengistirahatkan mata Anda. Jika Anda kurang istirahat atau merasa kelelahan, maka akan muncul gejala gangguan pada mata, salah satunya kedutan.

3. Stres. Stres yang Anda alami juga bisa menjadi pemicu mata kedutan, Moms. Solusinya, selain cukup istirahat, Anda juga perlu menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh Anda. Perbanyaklah mengonsumsi sayur dan buah-buahan.




Tanda Bahaya di Balik Mata Kedutan

Mata kedutan yang sering terjadi juga bisa menjadi pertanda dari masalah kesehatan yang Anda alami lho, Moms. Kondisi gangguan kesehatan akibat munculnya gejala kedutan di mata yang terlalu sering yang perlu Anda waspadai antara lain:

• Blepharospasm

Ini adalah kontraksi otot-otot pada kelopak mata yang abnormal. Ini disebabkan adanya gangguan pada bagian otak yang mengatur fungsi motorik. Kedutan bisa terjadi sangat lama dan sangat sering. Gejala yang perlu diwaspadai adalah kedutan terjadi pada kedua mata, sering terjadi terutama saat Anda stres, dan sensasi berdenyut pada mata menyebar ke bagian wajah yang lain.

• Bell’s palsy

Ini adalah gangguan berupa kelumpuhan saraf wajah akibat kerusakan atau trauma. Sebagai informasi, otot dan saraf bekerja sama untuk mengontrol semua gerakan di wajah. Nah, Bell’s palsy membuat terganggunya fungsi otot dan saraf tersebut dan menyebabkan kelemahan atau kelumpuhan.

Karena itu, jika Anda mengalami mata kedutan yang sering berulang, terus-menerus, dan dalam jangka waktu lama, segeralah berkonsultasi dengan dokter mata agar bisa dicarikan solusinya segera, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   mata,   kedutan