Mother&Baby Indonesia
Moms, Kenali Arti di Balik Gambar Anak

Moms, Kenali Arti di Balik Gambar Anak

Sejak bisa memegang alat tulis, aktivitas menggambar atau sekadar corat coret tentu menjadi aktivitas favorit Si Kecil. Jika anak Anda gemar menggambar, maka hal itu sangat bagus karena dapat meningkatkan kreativitasnya. Selain bermanfaat bagi anak, membiarkan anak menggambar juga bermanfaat bagi Anda lho, Moms, karena Anda bisa mengenali karakter dan isi kepala anak hanya dengan memahami arti di balik gambar Si Kecil. Yuk, kenali makna tersebut.


Gambar Rumah




Ini mungkin yang paling sering digambar semua anak ya, Moms. Namun tahukah Anda kalau bagaimana anak menggambar sebuah rumah bisa menunjukkan interpretasi anak akan kehidupannya di rumah. “Rumah merupakan stabilitas dan struktur, namun anak yang berasal dari keluarga yang negatif, bisa merepresentasikan rumah sebagai penjara,” ujar DR. Chritstopher Hastings, psikolog anak, pada She Knows.

“Jumlah jendela di gambar rumah merepresentasikan keterbukaan keluarga untuk berkomunikasi, namun juga bisa menunjukkan harapan anak agar orang lain bisa melihat apa yang terjadi di rumahnya,” jelas Hastings.

Anak yang terbuka dengan orang lain dan memiliki interaksi sosial yang baik biasanya akan menggambar jalan ke pintu utama, sedangkan anak yang tertutup mungkin tidak akan menggambar jalan khusus tersebut. Semakin normal detil yang anak gambarkan (seperti menambahkan jendela, tirai, pintu, bel, kotak pos, dan detil rumah lainnya) maka semakin positif juga makna keluarga baginya.


Gambar Matahari


Sering melihat anak menambahkan gambar matahari tersenyum? Itu artinya anak Anda sedang bahagia, puas dengan kehidupannya, dan memiliki pandangan positif pada dunia.

“Gambar setengah matahari di pojok ujung gambar mengindikasikan anak agak cemas dengan sosok yang memberi perintah. Sedangkan gambar matahari yang bersembunyi di balik awan mengindikasi depresi dan bahkan mungkin putus asa pada satu situasi,” jelas Hastings.




Gambar Pelangi


Berita baik untuk Anda yang punya anak sering menggambar pelangi! Menurut Hastings, pelangi yang penuh warna umumnya menunjukkan pesan positif dan termasuk dalam salah satu gambar yang selalu dibuat oleh anak dengan pandangan positif.


Gambar Monster


“Umumnya, gambar monster dan vampir merepresentasikan sosok yang penuh kekuatan. Jika karakter itu adalah tokoh utama di gambar anak, maka bisa diartikan anak berharap untuk terlihat penuh kekuatan, namun juga bisa diartikan anak mengalami masalah cemas berlebih,” papar Hastings.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah instruksi menggambar yang anak dapatkan. Jika anak diminta menggambar orang, namun malah menggambar monster, maka ini berarti anak memandang dirinya negatif. Namun jika anak menggambar monster hanya untuk bersenang-senang, maka ini menunjukkan anak ingin lebih berkuasa atau mengintimidasi orang lain.


Penggunaan Satu Warna Secara Berlebih

Menurut laman She Knows, penggunaan satu warna secara berlebih bisa mengindikasikan mood anak Anda saat itu. “Biru bisa mengindikasikan depresi, sedangkan merah adalah amarah. Namun tidak selalu begitu. Beberapa anak memiliki preferensi pada satu warna spesifik dan memakainya untuk menggantikan warna natural,” jelas Hastings.

Namun Anda harus ekstra waspada jika anak menggambar dengan warna monokrom, terutama menggunakan warna abu-abu. Ini bisa mengindikasikan buta warna, masalah saraf, dan masalah psikis lainnya. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   gambar,   kreativitas,   karakter anak,   arti gambar anak