Mother&Baby Indonesia
Mari Mengenal Hipnoterapi untuk Mendisiplinkan Anak

Mari Mengenal Hipnoterapi untuk Mendisiplinkan Anak

Mengurus Si Kecil memang tidak selalu mudah ya, Moms. Ada saja momen-momen penuh drama yang berjalan tidak sesuai rencana, seperti drama anak susah makan, sering ngompol, atau bahkan anak sering membantah. Jika Anda sedang mengalami drama seperti ini, jangan patah semangat dulu, Moms, karena semua itu bisa diatasi dengan afirmasi kalimat positif saja, kok.

Nah, salah satu cara untuk menyampaikan afirmasi positif tersebut adalah dengan melakukan hipnoterapi untuk anak. Cara yang satu ini aman banget dan terbilang efektif! Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!




Definisi

Menurut laman The Gut Centre, hipnosis adalah pernyataan alami yang anak sering dapatkan saat melakukan permainan imajinasi atau mengkhayal. Pikiran anak penuh dengan imajinasi dan kreativitas, dua alat utama untuk melakukan hipnoterapi.

Apakah hipnoterapi tepat untuk anak? Tentu saja! Pikiran anak sangat terbuka, maka bisa dengan mudah diberikan sugesti positif. Imajinasi anak-anak juga sangat baik, yang membuat mereka bisa memberikan respons positif pada tiap sesi hipnoterapi.

Hasilnya, hipnoterapi untuk anak sangat efektif dan sangat cepat, karena anak sangat mudah menerima hipnosis. Hal ini sangat positif dan merupakan pengalaman yang menyenangkan untuknya. Proses hipnoterapi ini sendiri sangat aman, anak bisa ditemani atau tidak ditemani keluarga. Berbagai teknik digunakan di hipnoterapi, seperti visualisasi, berbagi kisah, dan bermain peran. Banyak humor yang dipakai, sehingga setiap sesi hipnoterapi sangat seru, Moms.


Usia Berapa Boleh Hipnoterapi?

Umumnya, anak usia 4 tahun ke atas sudah bisa mengikuti sesi hipnoterapi. Namun sejauh anak Anda sudah bisa fokus (misalnya sudah bisa menyimak film panjang sampai habis), maka artinya anak Anda sudah bisa menerima berbagai keuntungan hipnoterapi.

Anda pun bisa mencoba untuk memberikan kalimat positif pada Si Kecil, Moms. Misalnya dengan mengatakan, “Sekarang kamu suka makan sayur dan buah, ya,” saat anak sudah tidur. Katakan sugesti tersebut dengan bahasa yang jelas dan tidak bertele-tele. Hindari kata-kata ‘tidak’ dan ‘jangan’ karena asosiasinya negatif, sedangkan Anda sedang menanamkan sugesti positif pada Si Kecil.




Siapa yang Dilarang Hipnoterapi?

Hipnoterapi tidak dianjurkan untuk anak-anak yang…

• sangat emosional

• tidak bisa mengikuti arahan

• terlalu takut untuk santai

• epilepsi.


Adakah Efek Sampingnya?

Penting untuk diketahui bahwa hipnoterapi aman dan tidak memiliki efek samping. Hipnoterapi juga tidak menyebabkan anak melakukan suatu hal yang berlawanan dengan keinginannya. Dengan kata lain, anak menerima afirmasi positif yang diberikan dengan akal sehatnya, tanpa paksaan, dan atas kehendaknya. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: hipnoterapi,   disiplin,   anak,   balita










Cover Mei-Juni-Juli 2020