Mother&Baby Indonesia
Tips Datang ke Acara Keluarga Sambil Mengajak Bayi

Tips Datang ke Acara Keluarga Sambil Mengajak Bayi

Setelah berusia lebih dari 40 hari, bayi Anda sudah bisa diajak untuk keluar rumah, seperti bertemu dengan keluarga besar. Nah, momen ini bisa menjadi ajang perkenalan antara keluarga besar Anda dengan Si Kecil, yang mungkin belum bisa bertemu sejak ia dilahirkan.

Meski hanya dengan keluarga, Moms tetap perlu memerhatikan beberapa hal ketika mengajak bayi ke acara silaturahmi tersebut. Agar proses menjalin hubungan antara Si Kecil dengan kakek, nenek, tante, om, sepupu, dan saudara lainnya berjalan baik, perhatikan tips berikut ini yuk, Moms!




Beri Tahu Aturan

Bayi masih rentan terkena penyakit karena daya tahan tubuhnya yang cederung lemah. Untuk menjaga kesehatannya, minta saudara Anda untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuhnya. Sampaikan juga untuk tidak sembarangan mencium Si Kecil, agar tak menimbulkan penyakit tertentu yang disengaja maupun tidak.


Siapkan Mental

Meski masih bayi, Anda sudah bisa menyampaikan kepada Si Kecil untuk ramah dan tersenyum saat disapa anggota keluarga lain. Katakan, “Adek, nanti saat disapa kakek-nenek atau tante-om, yang manis ya, sayang. Jangan rewel, karena mereka sayang sama kamu.” Anda pun bisa tetap melakukan aktivitas rutinnya, seperti tidur atau menyusui saat sudah jadwalnya tiba, agar Si Kecil juga tetap nyaman saat berkumpul bersama keluarga.




Berikan Waktu Bersama

Si Kecil memang akan selalu lebih memilih untuk berada di dekat Anda. Namun ketika saudara lain ingin mendekatinya, jangan dihalangi. Biarkan bayi Anda berinteraksi dengan sepupunya yang seumuran atau lebih dewasa, karena ini bisa jadi tempatnya belajar berkomunikasi. Jika ia sudah bisa merasa nyaman tanpa Anda berada di dekatnya, ia pun jadi bisa lebih mengenal dirinya sendiri.


Jangan Berikan Gadget

Ketika berkumpul dengan keluarga, suasana bisa sangat ramai hingga mengganggu Si Kecil. Walaupun ini terjadi, jangan coba alihkan perhatiannya dengan memberikan gadget ya, Moms. Biarkan bayi Anda terbiasa dengan suasana tersebut, agar ia bisa menyesuaikan diri dan membuat dirinya sendiri nyaman dengan keluarga besarnya.


Rutin Ikut Acara Keluarga

Akan sangat baik jika Anda membiasakan diri untuk ikut berkumpul ke acara keluarga sambil membawa Si Kecil. Apabila ada acara kumpul keluarga setiap bulan atau mungkin setiap tahun, pastikan untuk bisa hadir sehingga bayi Anda terbiasa dengan lingkungan keluarganya. Begitu juga dengan anggota keluarga lain, yang bisa mengakrabkan diri dan mengenal Si Kecil lebih dalam. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   acara keluarga,   membawa bayi