Mother&Baby Indonesia
Cara Memijat Bayi dengan Teknik Pijat I Love U

Cara Memijat Bayi dengan Teknik Pijat I Love U

Moms, bukan hanya orang dewasa saja, bayi pun bisa mendapatkan banyak manfaat dari pijat. Bahkan menurut penelitian Prof. Tiffany Field dan Frank Scafidi, bayi prematur yang dipijat beratnya akan naik secara signifikan dibanding dengan bayi yang tidak dipijat.

Jika ingin memijat Si Kecil, Moms bisa mencoba metode pijat I Love U dengan gerakan yang membentuk inisial I, L, dan U ini. Pijat ini juga dapat semakin merekatkan hubungan ibu dan anak serta baik untuk melancarkan pencernaan Si Kecil.

Moms juga tak perlu repot mendatangkan seorang terapis khusus, karena Anda dapat melakukannya sendiri di rumah.




Cara Pijat Bayi I Love U

Lakukan pijat I Love U sebagai rutinitas harian si kecil seusai mandi, dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Huruf I

Lumuri tangan Anda dengan baby oil atau krim khusus untuk memijat bayi. Lakukan pijatan lembut pada perut sebelah kiri Si Kecil dengan ibu jari membentuk garis vertikal seperti huruf I dari atas ke bawah. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

2. Huruf L

Pijat perut Si Kecil perlahan-lahan dengan gerakan pijat membentuk huruf L, dimulai dari bagian kanan atas perut ke bagian kiri. Kemudian lanjutkan dengan memijat dari sudut kiri atas ke arah bawah. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

3. Huruf U

Lakukan gerakan pijat dengan membentuk huruf U dengan ibu jari Anda di perut Si Kecil. Anda bisa memulai gerakan dari perut kiri bawah ke atas kemudian dari arah kanan atas ke bawah. Ulangi kembali gerakan pijat membentuk huruf U ini sebanyak 10 kali.

4. Hujan Rintik-Rintik

Gunakan telunjuk dan jari tengah Anda untuk membentuk titik-titik yang membingkai bagian atas pusar bayi. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

5. Matahari dan Bulan 



Dengan telunjuk dan jari tengah kiri, bentuklah lingkaran mengelilingi pusar Si Kecil. Sementara itu, telunjuk dan jari tengah tangan yang lain membentuk setengah lingkaran di sisi kanan pusar. Ulangi kembali gerakan ini sebanyak 10 kali.


Yang Perlu Diketahui

• Gerakan pijat I Love U ini cocok untuk bayi usia 0 hingga 1 tahun.

• Memijat bayi sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari sehabis mandi.

• Lakukan pijat paling tidak 30 menit setelah Si Kecil menyusu.

• Gunakan baby oil yang lembut dan sesuai dengan kulit bayi.

• Putarkan musik yang menenangkan dan redupkan lampu ruangan. Anda bisa memijat bayi sambil menceritakan gerakan yang sedang dilakukan.

• Usai memijat, oleskan minyak telon untuk membuat Si Kecil lebih nyaman.


Perhatikan Kondisi Sebelum Memijat

Dalam memijat bayi, pastikan untuk dilakukan saat ia terjaga dan dengan kondisi yang tenang. Si Kecil juga tidak boleh dipijat saat ia sedang lapar atau terlalu kenyang. Sebab, dapat mengganggu kenyamanan perutnya. Selain sehabis mandi, Anda pun bisa melakukannya sebelum tidur malam. Tubuh Si Kecil akan lebih rileks dan tidurnya menjadi nyenyak. Bayi Anda juga akan menunjukkan sinyal yang juga perlu Moms pahami.

Misalnya, ia akan tersenyum atau menjadi lebih tenang ketika menikmati pijatan yang dilakukan. Namun Si Kecil mungkin akan rewel jika ia merasa tidak nyaman saat dipijat. Ia mungkin akan menangis ketika merasa cukup saat Anda memijatnya.

Agar proses memijat lebih memuaskan untuk Si Kecil serta memahami manfaat lebih dari pijatan, Anda bisa mengikuti kelas khusus memijat bayi. Moms bisa menanyakan kepada perawat atau bidan mengenai lokasi yang menyediakan jadwal kelas memijat yang bisa Anda ikuti. (M&B/Binar Murgati/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   memijat bayi,   pijat,   teknik memijat,   pijat i love you,   percernaan,   kesehatan








Cover Januari - Februari 2020