Mother&Baby Indonesia
Ini Penyebab Bekas Operasi Caesar Terasa Ngilu

Ini Penyebab Bekas Operasi Caesar Terasa Ngilu

T: Sudah 1,5 tahun sejak saya menjalani operasi caesar, tetapi bekas operasi masih terasa ngilu dan perih saat dipegang. Apakah bekas jahitan di rahim saya masih basah? Kira-kira apa penyebabnya dan adakah cara untuk menanganinya?

J: Operasi caesar dilakukan dengan memberikan sayatan pada bagian bawah perut ibu hamil, sebagai jalan keluar bagi bayi. Rasa ngilu dan perih kadang diakibatkan oleh rangsangan pada bekas jahitan di otot dan dinding pelapis rongga perut.

Pada beberapa orang memang bisa terasa lebih dominan, tergantung dari sejauh mana ambang rasa nyeri seseorang. Kondisi ini tidak berkaitan dengan bekas jahitan yang basah, apa lagi operasi sudah dilakukan 1,5 tahun yang lalu. Jika tidak terlalu mengganggu, maka hal itu tidak perlu penanganan khusus. Rasa ngilu tersebut akan semakin berkurang seiring dengan adaptasi tubuh terhadap nyeri.



Perlu diingat bahwa area perut merupakan area tubuh yang cukup tebal, karena dilapisi oleh kulit, lemak, otot, dan berbagai jaringan penyokong lainnya. Hal tersebut membuat proses penyembuhan bekas operasi kerap berlangsung lebih lama dibandingkan luka di area tubuh lain.

Sebagai langkah awal, batasi aktivitas yang melibatkan kontraksi otot perut berlebihan, misalnya mengangkat beban berat, naik turun tangga, menggendong bayi, batuk, dan bersin. Tak menutup kemungkinan juga bahwa timbul keloid di beberapa orang, yaitu penebalan pada jaringan bekas luka di kulit. Hal ini bisa menimbulkan gejala gatal, namun bukan sesuatu yang berbahaya. Anda bisa mengonsultasikannya apabila khawatir dengan kondisi tersebut.



(Dijawab oleh dr. Ardiansjah Dara, Sp.OG, M.Kes., MRCCC Siloam Hospital, Jakarta)

(M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: persalinan,   melahirkan,   operasi caesar