Mother&Baby Indonesia
Ini yang Terjadi Beberapa Jam Setelah Melahirkan (2)

Ini yang Terjadi Beberapa Jam Setelah Melahirkan (2)

Apabila Anda belum pernah melahirkan, beberapa kondisi yang terjadi setelah persalinan pasti akan terasa mengejutkan. Itulah sebabnya, pengetahuan mengenai apa yang terjadi setelah persalinan dibutuhkan agar Anda lebih tenang dan rileks dalam menjalaninya. Berikut ini beberapa hal yang biasanya terjadi dalam beberapa jam pasca Anda melahirkan, Moms.

Anda juga bisa membaca artikel sebelumnya, Ini yang Terjadi Beberapa Jam Setelah Melahirkan (1), untuk mengetahui hal lain yang biasanya  terjadi dalam beberapa jam pasca Anda melahirkan.

 



Masih Terlihat Hamil

Anda mungkin berharap setelah melahirkan, Anda bisa pulang dari rumah sakit dengan perut yang sudah mengecil sambil memakai celana panjang favorit Anda. Sayangnya, hal tersebut hampir tidak mungkin terjadi, karena perut 'hamil' dan kulit gelambir Anda masih tetap akan ada di sana. Namun jangan khawatir, Moms! Perut Anda akan mengecil dengan sendirinya, seiring rahim yang kembali ke bentuk semula dan kulit Anda pun akan ikut mengencang.

 

Kepala Bayi Aneh

Jangan panik jika Anda melihat kepala Si Kecil tampak mengerucut. Hal tersebut mungkin terjadi karena ia terlalu lama berada di jalan lahir, namun bentuk 'aneh' ini tidak akan bertahan selamanya. Dilansir dari WebMD, kondisi tersebut biasanya akan kembali normal setidaknya dalam waktu 48 jam, bahkan kadang kurang dari itu.

 



Berat Badan Bertambah

Ketika Anda naik ke atas timbangan setelah persalinan, tidak perlu terkejut saat mendapati berat badan Anda justru bertambah. Hal itu terjadi karena tubuh Anda mengandung ekstra air yang berasal dari minuman, pemberian IV (intravenous) alias obat-obatan atau cairan saat di rumah sakit, dan beberapa pembengkakan pasca persalinan. Cairan tersebut akan berkurang seiring keringat yang Anda keluarkan.

 

Bayi Tidak Pernah Kenyang

ASI Anda belum keluar dengan lancar, namun Si Kecil tampak selalu haus dan ingin menyusu. Jangan pernah panik dan terpikir untuk memberikan susu formula kepadanya. Kondisi ini sangat wajar terjadi pada newborn karena mereka sedang mengalami growth spurt atau masa pertumbuhan yang cepat. Untuk memicu ASI keluar dengan lancar, biarkan bayi menyusu pada Anda sesering mungkin, Moms.

 

Selalu Terjaga

Setelah persalinan, Anda akan menghabiskan waktu untuk terus menatap bayi Anda. Anda akan menyentuh seluruh bagian tubuhnya, dari kepala hingga kaki kecilnya. Anda juga akan terus membicarakan tentang warna matanya, berapa banyak rambut yang ia miliki, dan membandingkannya dengan Anda juga pasangan. Anda tidak peduli kalau Anda kurang tidur dan begitu kelelahan. Intinya, Anda tidak ingin melewatkan sedikit pun waktu bersama malaikat kecil Anda. (M&B/SW/Dok. M&B Picture Library)



Tags: melahirkan,   persalinan,   ibu melahirkan








Cover Maret 2020