Mother&Baby Indonesia
Penyebab Darah Keluar Terus Setelah Melahirkan

Penyebab Darah Keluar Terus Setelah Melahirkan

T: Saya baru saja melahirkan. Beberapa waktu lalu, darah merah keluar secara tidak teratur dari vagina saya. Kondisi itu berlangsung selama seminggu dan berhenti lagi dengan sendirinya. Tetapi 4 hari kemudian, darah kembali keluar dan berhenti lagi dengan sendirinya. Saat ini, perut saya terasa sakit sekali dan darah merah keluar lagi dalam jumlah banyak seperti perdarahan. Apa sebenarnya yang terjadi pada saya?

J: Darah keluar melalui vagina adalah darah nifas yang biasanya keluar selama 40 hari setelah melahirkan. Kondisi ini aman-aman saja, selama tidak terjadi secara berlebihan.

Selama masa nifas atau masa pembersihan rahim akan terjadi ekresi cairan selama beberapa waktu atau dikenal dengan sebutan lokia. Pada masa nifas, darah kotor dan sisa-sisa plasenta dari rahim yang disebut dengan lokia tersebut dikeluarkan untuk membuat dinding rahim kembali normal guna mempersiapkan kondisi menstruasi lagi. Lokia sendiri biasanya berjumlah lebih banyak dan berlendir dibandingkan menstruasi dan berbau amis.



Darah nifas umumnya akan keluar dalam jumlah yang banyak dan berangsur-angsur menjadi sedikit. Namun, jika darah yang keluar jumlahnya banyak sekali, sehingga membuat Anda merasa pusing, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Hal itu perlu dilakukan untuk melihat apakah ada sisa plasenta yang tertinggal di dalam rahim.



(Dijawab oleh dr. Ardiansjah Dara, Sp.OG, M.Kes., MRCCC Siloam Hospital, Jakarta)

(M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: pasca melahirkan,   pasca persalinan,   darah,   perdarahan,   nifas








Cover Januari - Februari 2020