Mother&Baby Indonesia
6 Hal yang Harus Dihindari saat Mengejan

6 Hal yang Harus Dihindari saat Mengejan

Kebanyakan wanita hamil menginginkan persalinan yang normal, bukan? Selain lebih hemat dari sisi biaya, melahirkan secara alami juga memiliki masa pemulihan yang lebih singkat dibandingkan persalinan caesar. Selama dokter menyatakan kondisi Anda dan janin memang sehat, sebaiknya Anda tak perlu ragu atau takut untuk melahirkan normal ya, Moms.


Salah satu bagian penting dalam proses melahirkan normal adalah mengejan. Sayangnya, banyak calon ibu yang melakukan kesalahan dalam prosedur mengejan. Karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda mengejan karena jika melakukan kesalahan, bisa berdampak kurang baik untuk Anda sendiri. Oleh karena itu, hindari hal-hal ini saat mengejan agar bisa mengurangi risiko yang bisa dialami saat Anda menjalani proses persalinan normal.



 

1. Berteriak Super Keras

Berisik atau berteriak ketika persalinan normal sebetulnya sah-sah saja, kok. Tetapi jangan sampai ‘7 oktaf’ alias melengking dan super kencang ya. Moms. Pasalnya, berteriak tanpa dikontrol dan tanpa disadari, bisa membuat Anda kelelahan dan kehilangan kendali selama proses mengejan. Teriakan keras juga bisa menyebabkan pita suara Anda menjadi akit dan malah membuat Anda tidak nyaman. Cobalah untuk mengeluarkan suara dengan lebih pelan, sehingga Anda bisa mengatur napas dengan benar.

 

2. Menutup Mata Rapat-Rapat

Banyak wanita hamil sengaja memejamkan mata karena ingin fokus dalam mengejan. Padahal seharusnya Anda membuka mata, lho. Tujuannya agar mata tidak mendapatkan tekanan yang bisa membuat pembuluh darah di selaput mata menjadi pecah. Jadi, jangan lupa untuk tetap membuka mata dan arahkan pandangan ke arah bagian perut Anda, ya.

 

3. Mengejan Tanpa Aba-Aba

Biasanya dokter atau bidan akan menyuruh Anda untuk mengejan jika pembukaannya sudah 10. Tujuannya untuk menghindari pembengkakan atau edema pada mulut rahim. Oleh karena itu, jangan buru-buru mengejan sebelum dokter kandungan atau bidan meminta Anda untuk melakukannya.

 



4. Menahan Mengejan Karena Takut BAB

Secara alami, saat mengejan memang memungkinkan Anda untuk buang air besar. Atas dasar kekhawatiran itu, ada ibu hamil yang akhirnya menahan mengejan karena takut BAB. Untuk itu, 24 jam sebelum proses melahirkan, tak ada salahnya Anda mengosongkan usus, baik secara alami ataupun mengonsumsi obat pencahar yang aman.

 

5. Mengangkat Panggul atau Bokong

Anda tentu tak mau robekan perineum menjadi lebih lebar sehingga memerukan jahitan lebih banyak di area jalan lahir, kan? Oleh karena itu, tak perlu mengangkat pantat atau bokong saat mengejan, ya. Lebih baik rileks dan lemaskan bagian panggul ketika persalinan normal.

 

6. Bernapas Asal-Asalan

Mempelajari teknik pernapasan yang benar di kelas senam hamil memiliki manfaat besar untuk proses mengejan. Jangan bernapas ‘asal-asalan’ ya, Moms! Tarik napas yang benar guna mengurangi rasa nyeri serta memberikan sumber energi untuk Anda.

Kini, Anda sudah mengetahui hal yang seharusnya dilakukan dan dihindari ketika mengejan. Selamat menyiapkan diri, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. M&B Picture Library)

 



Tags: persalinan,   persalinan normal,   mengejan,   melahirkan










Cover April 2020