Home - Kehamilan & Persalinan - Persalinan / 9 Januari 2019 / Redaksi

Cara Melakukan Inisiasi Menyusui Dini Pasca Caesar

Kondisi tertentu saat kehamilan dan menjelang persalinan terkadang mengharuskan Anda untuk melahirkan Si Kecil melalui operasi caesar. Misalnya, jika janin berada dalam posisi sungsang atau plasenta menutupi jalan lahir seluruhnya (plasenta previa totalis). Nah, bagi Anda yang sudah bercita-cita menjalani Inisiasi Menyusui Dini (IMD) setelah persalinan normal pun tentunya akan menjadi cemas karena kondisi ini dan takut tidak akan bisa mewujudkannya.

Tidak perlu khawatir, Moms. Meskipun melahirkan melalui operasi caesar, IMD ternyata masih mungkin dilakukan. Pada operasi caesar, setelah bayi dikeluarkan dari rahim, dokter kandungan akan memberikannya kepada dokter anak. Ia kemudian akan mengecek tanda-tanda vital bayi dan memberikan skor APGAR (skor 1-10 yang menyatakan kesehatan bayi pada saat lahir). Setelah itu, saluran pernapasan bayi dibersihkan agar ia dapat bernapas dengan baik.

 



Cara IMD Pasca Caesar

Jika bayi tidak mengalami gangguan kesehatan yang serius, usai dibersihkan, perawat dapat memberikannya kepada Anda untuk dilakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Moms mungkin akan mengalami sedikit kesulitan dalam memeluk Si Kecil karena masih ada selang infus di tangan atau akan menggigil kedinginan sebagai efek anestesi yang diberikan saat operasi.

Karena itu, pastikan suami atau keluarga terdekat lainnya berada di ruang observasi untuk membantu menahan bayi di dada Anda. Perawat biasanya juga akan menyelimuti Anda dan bayi agar tidak kedinginan selama proses IMD dilakukan.



Alternatif lainnya, sesaat setelah bayi dikeluarkan dari rahim, dokter bisa langsung menaruhnya di atas dada Anda. Proses IMD dapat dilakukan selama dokter menjahit sayatan operasi. Dokter anak akan mengecek tanda-tanda vital bayi dan skor APGAR saat bayi masih berada di atas dada Anda. Minta juga perawat untuk berada di samping Anda selama proses IMD.

Satu hal penting yang harus Moms ingat, Jika Anda sudah mengetahui rencana operasi caesar saat persalinan Anda nanti, bicarakan keinginan Anda untuk melakukan IMD kepada dokter kandungan dan dokter anak yang akan menangani nantinya. Selamat melakukan IMD, Moms! (M&B/SW/Dok. M&B Picture Library)

share to BBM

 

 


RELATED ARTICLE

10 Tanda Moms Akan Melahirkan dalam Waktu Dekat

Tips Melakukan Persalinan Darurat

Fakta Tentang Persalinan Caesar yang Wajib Diketahui

OTHER ARTICLES

7 Tipe Balita Teman Playdate Anak yang Perlu Anda Tahu

8 Rekomendasi Mainan untuk Bayi usia 5 Bulan

Mitos Tentang Hamil Anak Laki-laki atau Perempuan

Ketahui Cara Memompa ASI Hingga Lancar dengan Benar

6 Jenis Alat Kontrasepsi Hormonal untuk Wanita