Home - Balita - Perawatan Balita / 6 Januari 2019 / Redaksi

5 Langkah Mudah Atasi Kutu Rambut pada Anak

Menurut catatan Centers for Disease Control and Prevention, AS, sekitar 6-12 juta orang di dunia terserang kutu rambut setiap tahunnya. Biasanya, balita yang paling rentan terkena kutu rambut. Kutu rambut adalah sejenis parasit penghisap darah yang biasanya hidup di bagian kepala. Ia juga akan bertelur di sekitar rambut untuk berkembang biak.

Tentunya, bila di rambut Si Kecil terdapat kutu, ia akan sering merasa gatal, tidak nyaman dengan rambutnya, dan rasa gatal tersebut dapat membuatnya susah tidur. Dampak-dampak tersebut pastinya dapat memengaruhi keceriaan Si Kecil, Moms. Untuk itu, atasi masalah kutu rambut dengan melakukan 5 langkah mudah berikut ini:

1. Periksa bagian terdalam dari rambut Si Kecil, seperti kulit kepala. Karena telur kutu biasa menempel di ujung rambut bagian kulit kepala.



2. Gunakan sampo khusus untuk membasmi kutu rambut. Carilah di beberapa toko obat sampo yang aman untuk kulit Si Kecil. Kemudian cuci rambut Si Kecil dengan sampo tersebut. Setelah mencuci rambut, gunakan sisir beruas rapat untuk mengeluarkan kutu yang masih ada ataupun telur yang berada di kulit kepala maupun rambut Si Kecil. Lakukan hal ini setiap hari atau 2 hari sekali.

3. Anda juga bisa mengambil kutu saat rambut Si Kecil kering. Lakukan di tempat yang terang. Selain akan terlihat lebih jelas, kutu juga takut akan cahaya. Mereka akan berkumpul di bagian yang tertutup rambut dan Anda pun akan bisa lebih mudah membasminya.



4. Ganti dan cuci bersih semua sprai, handuk, serta peralatan lain yang biasa bersentuhan dengan kepala Si Kecil.

5. Ajari Si Kecil untuk tidak berbagi sisir, topi kepada teman untuk menghindari tertularnya telur. Jangan lupa bersihkan semua mainan yang berbahan kain agar kutu tidak bersarang disana. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Tips Aman dan Nyaman Naik Pesawat Bersama Anak

Kenali Gejala Sinusitis dan Cara Mengatasinya

Trik Membuat Rambut Anak Tebal dan Sehat

OTHER ARTICLES

Suami Terlalu Sibuk di Kantor? Lakukan 5 Hal ini, Moms!

Moms, Yuk Ketahui Jenis-jenis Tipe Terapi Autisme

Bagaimana Jika Janin Sakit sejak dalam Kandungan?

MB Fair Surabaya 2019

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!