Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Ini Jawabannya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Ini Jawabannya

Durian bisa dibilang sebagai king of fruit atau raja buah karena menjadi salah satu buah paling favorit di Indonesia. Aromanya yang menyengat dan rasanya yang sungguh lezat menjadikan buah ini kesukaan banyak orang, termasuk para ibu yang ingin mengonsumsi durian saat mereka tengah hamil. Meskipun begitu, banyak orang mengatakan bahwa buah ini tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Benarkah demikian?


Mitos Ibu Hamil Makan Durian

Banyak mitos yang mengatakan bahayanya durian pada ibu hamil, misalnya buah ini bisa membuat tubuh kepanasan, sehingga jika ibu hamil memakannya, akan menyebabkan janin juga kepanasan. Selain itu, durian sering disebut sebagai buah dengan kadar kolesterol sangat tinggi, dan bila mengonsumsinya bisa meningkatkan tekanan darah, terutama pada ibu hamil. Mitos ini ternyata tidak benar, Moms.



Hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa durian memiliki dampak negatif bagi ibu hamil. Kendati demikian, hal ini bukan berarti ibu hamil bisa menikmati durian sepuasnya. Ibu hamil memang tidak dilarang makan durian, tapi sebaiknya perhatikan porsinya.


Baca juga: 10 Buah yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil


Risiko Konsumsi Durian Berlebihan

Jika ibu hamil mengonsumi durian dalam porsi terlalu banyak, ada sejumlah risiko yang mengancam kesehatannya dan janin di dalam kandungan, yaitu:

1. Meningkatkan gula darah. Durian memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi akan meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan tinggi dan bahkan bisa mengakibatkan bayi berisiko obesitas nantinya. Jika Moms memiliki riwayat diabetes atau menderita diabetes gestasional, sebaiknya hindari buah ini saat hamil.

2. Kelebihan berat badan dan obesitas. Kalori dan karbohidrat dalam durian sangat tinggi. Karena itu, terlalu banyak mengonsumsi ini bisa membuat ibu hamil kelebihan kalori, terutama bagi ibu hamil yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini akan memicu terjadinya diabetes gestasional, preeklampsia, hingga bayi lahir prematur.


Manfaat Durian untuk Ibu Hamil

Jika dikonsumsi secara wajar, durian justru memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, seperti:



• Kaya akan asam folat yang dapat membantu mencegah cacat pada bayi baru lahir.

• Sumber serat yang akan membantu mencegah sembelit selama kehamilan.

• Mengandung vitamin B kompleks yang penting untuk kesehatan fungsi tubuh.

• Kaya akan vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

• Tidak memiliki kolesterol atau lemak jenuh dan rendah kandungan garamnya sehingga membantu mengatur tekanan darah selama kehamilan.

Yang penting untuk diperhatikan saat ibu hamil mengonsumsi buah ini adalah makan dengan porsi secukupnya dan perbanyak minum air putih setelah makan durian. Selain itu, Moms juga perlu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi durian, terutama jika Anda baru pertama kali memakannya. (M&B/SW/Dok. Freepik)


RELATED VIDEO: Ask the Expert - Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?






Tags: kehamilan,   hamil,   ibu hamil,   durian,   ibu hamil makan durian










Cover Mei-Juni-Juli 2020