Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini 10 Tanda-Tanda Anda Hamil Muda

Moms, Ini 10 Tanda-Tanda Anda Hamil Muda

Keinginan untuk memiliki buah hati tentu dimiliki oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Kondisi tubuh pun menjadi perhatian yang penting, apalagi ketika haid tak kunjung datang. Sayangnya, Anda belum bisa mengonsultasikan diri jika baru telat 3-4 hari saja.

Akhirnya, Anda memutuskan untuk menggunakan test pack dan mengecek apakah kehamilan terjadi. Namun, selain dengan penggunaan test pack, ada beberapa kondisi tubuh yang menunjukkan adanya perubahan ketika Anda sedang mengandung janin. Nah, berikut ini adalah 10 tanda Anda sedang hamil muda, Moms.

 



1. Mudah Lelah

Ibu yang baru saja hamil tiba-tiba bisa merasa kelelahan atau mengantuk meski baru saja tidur. Ini merupakan tanda-tanda hamil muda yang terjadi di 2 minggu pertama pembuahan. Pada waktu ini, janin akan menggunakan hampir seluruh kalori dalam tubuh, sehingga akan membuat energi Anda jadi cepat habis.

 

2. Lebih Sensitif

Kadar hormon pada ibu hamil akan meningkat cukup drastis. Ini bisa membuat Anda menjadi lebih sensitif, baik dari indera penciuman dan juga sentuhan. Anda bahkan bisa merasa mual jika mencium aroma asap atau bau dari pasangan Anda.

 

3. Sering ke Kamar Kecil

Pada masa awal kehamilan, rahim akan membesar dan bisa mendorong kandung kemih. Kondisi tersebut akan membuat Anda menjadi lebih sering buang air kecil. Untuk itu, jaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih yang banyak.

 

4. Nafsu Makan Berubah

Saat hamil muda, energi Anda akan terkuras dan membuat lebih cepat merasa lapar meski belum muncul keinginan atau ngidam makanan tertentu. Tetapi pada ibu lainnya, bisa saja mengalami kehilangan nafsu makan. Ini terjadi karena kadar hormon beta-hCG meningkat.

 

5. Sakit Kepala

Peningkatan hormon yang terjadi pada Anda bisa menimbulkan sakit kepala ringan, terutama saat hamil muda. Namun, kondisi ini akan menghilang, seiring tubuh yang menyesuaikan perubahan tersebut. Jika menganggu, Anda bisa mengonsumsi obat yang mengandung acetaminophen. Hindari ibuprofen, agar kehamilan lebih aman.



 

6. Gangguan Perut

Sistem pencernaan Anda akan terganggu, terutama saat hormon progesteron meningkat di awal kehamilan. Anda pun akan mengalami konstipasi dan kembung ringan, sehingga membuat perut terasa sedikit lebih besar.

 

7. Sakit Punggung

Saat hamil, ligamen akan melebar untuk mempersiapkan ‘tempat’ bagi janin agar bisa tumbuh berkembang. Ini yang membuat punggung Anda akan terasa pegal, terutama selama masa kehamilan.

 

8. Perubahan Payudara

Bagian tubuh yang akan sangat terlihat perubahannya adalah payudara, yang akan membesar dan terasa berat. Akan timbul juga rasa nyeri karena jaringan-jaringan di payudara menjadi lebih sensitif akibat perubahan hormon untuk produksi ASI. Daerah areola juga akan menjadi lebih gelap.

 

9. Muncul Kram

Kram di bagian perut atau kaki biasa terjadi saat haid. Tetapi, kram juga bisa timbul di saat hamil muda, karena rahim meregang untuk mempersiapkan kehadiran janin.

 

10. Mood Swing

Bahkan saat hamil muda, mood Anda bisa tidak stabil. Anda bisa tiba-tiba marah atau atau menangis ketika sedang menonton TV. Hal ini disebabkan hormon hCG yang meningkat dan membuat Anda mudah lelah, sehingga mood juga cepat berubah. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   hamil,   hamil muda,   ibu hamil,   ibu hamil muda








Cover Januari - Februari 2020