Mother&Baby Indonesia
10 Makanan Sehat dan Lezat untuk Ibu Hamil

10 Makanan Sehat dan Lezat untuk Ibu Hamil

Ketika Moms sedang hamil, penting bagi Anda memerhatikan asupan nutrisi. Sebab, Moms tidak hanya makan untuk diri sendiri, tetapi juga janin di dalam kandungan. Dengan asupan nutrisi yang baik, maka hal ini dapat membantu janin tumbuh dan berkembang dengan baik.

Pemenuhan nutrisi ini dilakukan dengan mengonsumsi beragam makanan sehat. Berbagai makanan ini juga bisa diolah dan memiliki rasa yang lezat. Terdapat 10 jenis makanan sehat yang bisa dinikmati ibu selama masa kehamilan, sebagai berikut:




1. Bayam

Salah satu sayur yang sangat baik dikonsumsi saat hamil adalah bayam. Dengan warna hijau yang cukup pekat, bayam menjadi sumber folat, zat besi, dan kalsium. Folat sendiri sangat penting selama kehamilan, karena dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi, seperti spina bifida. Untuk mempertahankan nutrisi bayam, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara merebus atau menjadikannya jus segar.


2. Ikan

Ikan juga penting dikonsumsi selama hamil, terutama salmon dan tuna yang memiliki tingkat asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Anda bisa mengukus atau memanggang ikan hingga matang, dan dikonsumsi selagi hangat. Namun, beberapa jenis ikan seperti king makerel dan striped bass tidak boleh ibu hamil konsumsi karena memiliki kandungan merkuri yang berbahaya bagi kehamilan.


3. Sereal

Ternyata, mengonsumsi sereal saat sarapan menjadi makanan sehat untuk menjaga kehamilan. Sereal sendiri umumnya diperkaya vitamin dan zat besi yang baik untuk tubuh. Namun, perhatikan kadar gula, garam, dan lemak di dalamnya agar tidak mengganggu kesehatan saat hamil. Usahakan untuk memilih sereal tanpa pemanis atau perasa untuk Anda konsumsi.


4. Daging

Tak hanya ikan, daging juga memiliki kandungan zat besi yang lebih baik dibandingkan yang terdapat pada sayuran atau kacang-kacangan. Dengan meningkatkan kadar zat besi, Anda akan terhindar dari masalah seperti anemia hingga pendarahan pasca melahirkan.


5. Telur

Ibu hamil memang sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi telur mentah. Namun, ketika dimakan dalam kondisi matang, telur menjadi makanan sehat dengan nutrisi yang baik, khususnya untuk janin, seperti kandungan kolin yang bisa membantu perkembangan otak pada bayi.


6. Produk Susu

Beragam olahan susu tentunya memiliki kadar kalsium yang cukup tinggi. Baik dari susu segar, keju, ataupun yoghurt, yang bisa Anda konsumsi selama hamil. Yoghurt sendiri mengandung protein yang sangat penting untuk pertumbuhan jaringan pada janin. Tetapi, berbeda dengan keju, sebab terdapat jenis keju yang tidak boleh Moms konsumsi sembarangan.




7. Ubi

Jika bosan dengan nasi, Anda bisa mengonsumsi ubi sebagai pilihan lainnya. Rasanya yang manis dan juga gurih ternyata kaya akan vitamin A yang dapat membangun sel-sel sehat pada janin. Selain itu, makanan sehat satu ini juga mengandung serat dan potasium yang baik dan bisa berperan sebagai ASI booster. Tentunya, ini sangat penting dikonsumsi saat hamil ya, Moms!


8. Kacang-Kacangan

Jenis kacang-kacangan sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin, seperti menjaga kekebalan tubuh ibu saat hamil muda. Kacang hijau mengandung asam folat dan vitamin B yang baik dalam proses pengembangan saraf janin. Sedangkan kacang polong dapat menjaga agar berat badan bayi ideal dan tidak lemah saat proses persalinan.


9. Kentang

Jenis umbi-umbian selain ubi yang baik untuk ibu hamil adalah kentang. Kandungan makanan sehat satu ini di antaranya adalah beta-karoten, vitamin B6, vitamin C, kalium, dan zat besi. Beta-karoten sendiri bisa mengubah antioksidan menjadi vitamin A, yang berperan penting dalam perkembangan mata, tulang, dan kulit bayi.


10. Buah-Buahan

Yang paling segar dan bisa Anda jadikan kudapan di sore hari adalah buah-buahan. Buah baik dikonsumsi ibu hamil untuk menjaga kesehatan, seperti pisang dengan kandungan serat dan potasium yang membantu fungsi sel dan pencernaan, serta menjaga tekanan darah. Jeruk juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan berperan melawan infeksi serta penyerapan zat besi. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



RELATED VIDEO: Berapa Banyak Porsi Makan Ideal Ibu Hamil?





Tags: kehamilan,   hamil,   ibu hamil,   makanan,   nutrisi,   makanan sehat








Cover Januari - Februari 2020