Mother&Baby Indonesia
6 Cara Menyenangkan agar Tetap ‘Adem’ saat Hamil

6 Cara Menyenangkan agar Tetap ‘Adem’ saat Hamil

Saat memasuki trimester ketiga, perut semakin besar. Keinginan berkemih semakin sering, tubuh juga terasa lebih panas hingga penyejuk ruangan sepertinya tidak bisa menolong. Volume darah di dalam tubuh juga bertambah dan mengalir lebih cepat, sehingga suhu tubuh akan meningkat sekitar 0,8 derajat Celsius.

Meg Miskin-Garside, seorang bidan di Inggris, mengatakan bahwa peningkatan suhu ini menjadi tanda tubuh merawat janin yang sedang berkembang. Janin sendiri juga bisa menghasilkan energi ekstra sehingga membuat Moms merasa kepanasan, mudah berkeringat, dan tidak nyaman.

Pembuluh darah kecil di bawah kulit akan melebar, sehingga darah yang hangat bisa mengalir mendekati permukaan dan menjadi dingin. Itu sebabnya, wajah dan kulit Moms bisa terlihat kemerahan. Namun, apabila suhu tubuh Anda lebih dari 37,8 derajat C, pastikan untuk selalu terhidrasi dan segera konsultasikan ke dokter. Di samping itu, Anda bisa membuat tubuh menjadi lebih adem. Ada enam hal yang M&B rekomendasikan untuk Anda lakukan agar suhu tubuh menjadi lebih stabil dan nyaman, yakni:



 

1. Berenang

Berenang akan membantu meringankan berat tubuh, membuat suhu permukaan tubuh menjadi dingin, serta membantu meredakan nyeri serta sakit. Kalau berenang tidak memungkinkan, cobalah untuk mandi dalam air suam-suam kuku atau rendam kaki dalam air dingin.

 

2. Tirai dan Penyejuk Udara

Agar tidak semakin kepanasan saat berada di dalam ruangan, pasang tirai penutup di jendela. Selain itu, nyalakan kipas angin di dalam ruangan untuk membantu memperlancar sirkulasi udara. Atur suhu yang pas agar Anda tidak merasa kedinginan.

 

3. Pakaian Longgar

Agar tetap adem, gunakan pakaian longgar berbahan katun. Pakaian longgar akan memudahkan udara tersirkulasi dengan baik. Sementara itu, pastikan kaki menggunakan sendal atau sepatu terbuka di bagian jari-jari.



 

4. Kontrol Napas

Mengontrol pernapasan bisa membantu mendinginkan tubuh. Anda bisa mempelajari teknik mengatur napas ini di kelas yoga atau senam ibu hamil. Selain itu, adopsi gaya hidup yang tidak membuat Moms selalu terburu-buru. Berjalanlah dengan ritme yang lebih santai, makan dan berbicaralah dengan lebih perlahan.

 

5. Banyak Minum

Selalu bawa botol berisi air minum saat bepergian ke mana saja. Moms bisa membawa air dingin bila udara terasa panas dan tubuh menjadi gerah. Hanya, perlu diingat agar Moms menghindari meminum segelas air dengan es batu. Sebab, minuman dingin memang akan mendinginkan tubuh secara cepat, tetapi akan menyempitkan pembuluh darah yang kemudian mengirim sinyal untuk menahan panas ketimbang menghalaunya. Yang pasti, Moms harus selalu terhidrasi.

 

6. Makanan Dingin

Buah kaya air, seperti semangka, melon, kelompok beri, sayuran seperti mentimun dan selada, bisa dipertimbangkan sebagai makanan mendinginkan. Sup sayur dengan tomat maupun bayam dapat menjadi makan siang yang menyejukkan. Meminum es jus buah segar dan yoghurt juga dapat menjadi kudapan atau hidangan penutup menyegarkan. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   hamil,   ibu hamil,   suhu tubuh saat hamil