Mother&Baby Indonesia
Ibu Hamil Jangan Sembarangan Mengonsumsi Keju

Ibu Hamil Jangan Sembarangan Mengonsumsi Keju

Saat hamil, seorang ibu sangat disarankan untuk menjaga asupan makanan serta nutrisi yang ia konsumsi setiap hari. Baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, semua itu harus tercukupi dengan baik. Sebab, ia tidak hanya menjaga kesehatan dirinya sendiri, tetapi juga janin di dalam kandungannya.

Salah satu mineral yang dibutuhkan selama masa kehamilan adalah kalsium. Kalsium bisa diperoleh dari susu, atau makanan olahannya, seperti keju. Buat Moms yang sangat menggemari keju, tentunya hal ini jadi kabar gembira untuk Anda. Pasalnya, rasa keju yang unik dan jenisnya yang bervariasi, membuat bahan makanan ini cocok dipadukan dalam berbagai olahan makanan atau campuran, seperti spaghetti atau salad.

Meskipun begitu, ada yang berpendapat bahwa sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi keju, karena keju dibuat melalui proses fermentasi, sehingga dikhawatirkan dapat membahayakan kondisi janin. Hal ini ternyata kurang tepat. Sebenarnya ibu hamil pun dibolehkan mengonsumsi keju. Sebab, olahan susu yang difermentasi ini diberikan bakteri baik, seperti Lactobacillus dan Lactococcus. Bakteri ini bersifat asam, sehingga bakteri yang jahat dan berbahaya justru akan mati.



 

Jenis Keju yang Tidak Aman Dikonsumsi

Meskipun demikian, tidak semua jenis keju bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Terutama, untuk keju yang terbuat dari susu mentah atau susu yang tidak melalui proses pasteurisasi. Jenis keju yang memiliki tekstur sangat lembut (keju yang tidak bisa diparut) juga termasuk berbahaya. Hal ini dikarenakan tingkat keasaman dari keju tersebut cukup rendah. Bakteri jahat, seperti Lasteria monocytogeneses pun akan lebih mudah untuk berkembang biak. Pada ibu hamil, bakteri jenis ini juga berisiko menyebabkan keguguran. Untuk keju jenis ini yang biasa disebut raw cheese atau unpasteurised di antaranya adalah:

• Feta

• Brie

• Camembert

• Blue Veined

 

Jenis Keju yang Aman Dikonsumsi

Sedangkan untuk keju yang sudah melalui proses pasteurisasi, umumnya telah beku dan berbentuk blok yang mudah diparut. Jenis keju yang aman untuk Anda konsumsi selama masa kehamilan, antara lain adalah:



• Cheddar

• Parmesan

• Mozarella

• Edam

• Cream Cheese

• Ricotta

• Cottage

Selain itu, hindari pula untuk mengonsumsi keju saat Anda sedang diberikan vitamin, seperti untuk penambah darah. Sebab, kalsium dalam keju dapat menghambat penyerapan vitamin tersebut. Agar lebih aman, sebelum Moms memakan menu yang mengandung keju, pastikan terlebih dahulu kepada penyaji makanan tentang jenis keju yang dipakai. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   keju,   makanan,   kesehatan








Cover Maret 2020