Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 8 Januari 2019 / Redaksi

10 Hal Tak Terlupakan saat Hamil

Moms, tidur tidak nyenyak, pegal-pegal, morning sickness, atau mood swings, hanyalah segelintir tantangan yang dialami oleh ibu hamil jika dibandingkan dengan kebahagiaan yang Anda rasakan. Ini dia hal-hal yang hanya dialami saat hamil dan akan dirindukan saat Si Kecil sudah hadir di dunia! Yang mana favorit Anda?

 

1. Perhatian dari Semua Orang

Saat hamil, suami, keluarga, juga teman berebut memberikan Anda perhatian ekstra. Anda pun akan diperlakukan layaknya seorang ratu. Mau ke supermarket, ada suami yang sigap mengantar. Mau ke salon, sahabat setia menemani. Membawa belanjaan banyak, security mall pun tak segan untuk membawakan belanjaan Anda ke mobil. Bahkan, saat Anda duduk sendirian di tempat umum, selalu ada yang menegur, “Sudah hamil berapa bulan?”.

 

2. Bebas Antrean

Tidak perlu ikut berdesak-desakan saat menunggu bus di halte bus Trans Jakarta, petugas akan langsung mempersilakan Anda menunggu di depan pintu yang saat itu tidak dibuka untuk penumpang lain. Anda yang kadang letih sehingga tampak pucat dan sempoyongan saat menunggu antrean taksi pun sudah pasti mengundang rasa iba banyak orang. Tidak jarang ada yang menawarkan untuk memberikan gilirannya kepada Anda.

 

3. Tempat Duduk Prioritas

Pemerintah sudah memberikan kemudahan seperti adanya kursi khusus untuk ibu hamil di dalam kereta, belum lagi 'aturan tidak tertulis' dari penumpang lain yaitu 'ibu hamil harus diberi tempat duduk'.

 

4. Bebas Makan Kapan Saja

Tidak ada yang memarahi Anda -kecuali obgyn yang takut Anda obesitas- atau berkomentar, “tidak takut gemuk?” saat Anda melahap sepiring puding cokelat dan 1 gelas es buah setelah 15 menit sebelumnya Anda baru saja menyendok nasi terakhir dari piring menu makan siang lengkap Anda.

 

5. Kulit yang Berkilau

Meskipun ada ibu hamil yang tiba-tiba jerawatan saat hamil, Anda yang termasuk beruntung akan mengalami masa ketika kulit terlihat begitu kencang, glowing, dan kenyal. Rasa percaya diri pun pasti meningkat seketika!

 

6. Rambut Indah Mengembang

Ya, Moms... Bukan hanya Kate Middleton kok, yang memiliki rambut ala model iklan sampo saat hamil. Anda juga bisa!

 

7. Tendangan dari Dalam Perut

Ingat bagaimana perasaan Anda saat pertama kali si kecil memberikan tendangan lembut dari dalam perut Anda? Senang, haru, gemas, pastinya Anda rasakan. Bagaimana tidak, akhirnya Anda semakin menyadari kehadiran individu lain yang sedang tumbuh berkembang di dalam perut Anda.

 

8. Belanja Persiapan Kebutuhan Bayi

Meskipun sebelumnya Anda tidak suka berbelanja, jika sudah menyangkut belanja keperluan bayi, pasti jadinya akan selalu menyenangkan. Anda masih ingat, kan, beberapa jam yang sudah Anda habiskan untuk online shopping, mencatat keperluan bayi di notebook kecil, keluar masuk toko bayi, dan menenteng berkantung-kantung plastik berisi barang-barang bayi?

 

9. Jadwal Kunjungan ke Dokter

Perasaan deg-degan dan bahagia saat mendengar detak jantung bayi, atau pun menatap wajahnya yang menggemaskan di layar monitor saat USG adalah hal-hal yang selalu Anda tunggu setiap bulannya. Menyimpan lengkap semua foto USG bayi juga menjadi kegemaran baru Anda.

 

10. Mulas saat Kontraksi

Hmm, mulas kontraksi menjelang melahirkan itu memang menyakitkan dan melelahkan. Tapi entah kenapa, beberapa tahun (atau bahkan bulan) setelah Si Kecil lahir, Anda pasti akan 'merindukan' masa-masa itu. Mulas yang disertai rasa tak sabar bertemu Si Kecil, suami yang menggenggam tangan Anda untuk menguatkan, dan dokter atau bidan yang berkata “Ayo, Ibu pasti bisa!”. (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Moms, Ini yang Dilakukan Janin di Dalam Rahim

Ini Penyebab Bayi Sungsang dan Cara Mengatasinya

Cukup Vitamin D saat Hamil dapat Cegah Autisme



OTHER ARTICLES

Tips Mengatasi Balita yang Suka Menggigit

Hipertiroid saat Hamil, Apa yang Harus Dilakukan?

6 Tips Melakukan Perencanaan Keuangan Sampai Melahirkan

3 Kebiasan Bayi saat Tidur yang Wajib Diwaspadai

Mengenal Sindrom Pipi Merah pada Anak, Apa Itu?