Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 6 Januari 2019 / Redaksi

Cukup Vitamin D saat Hamil dapat Cegah Autisme

Ibu hamil diharapkan mencukupi segala kebutuhan nutrisi untuk menjaga kesehatan dirinya serta janin yang dikandungnya. Tak terkecuali untuk mengonsumsi berbagai vitamin secara lengkap. Salah satu yang tak boleh terlupakan adalah vitamin D, yang dikenal dapat mencegah kanker.

Ternyata, sebuah penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara konsumsi vitamin D selama hamil dengan autisme. Tim peneliti dari University of Queensland’s Brain Institute, Australia, menemukan bahwa ibu hamil yang kekurangan vitamin D cenderung melahirkan anak dengan gejala autisme.

Hubungan ini terlihat dari sampel darah 4.000 orang ibu hamil dan anaknya. Kemudian, didapatkan hasil di mana ibu yang tidak cukup konsumsi vitamin D saat usia kehamilan 20 minggu cenderung memiliki anak dengan gejala autis yang tampak pada usia 6 tahun.

“Penelitian ini memberikan bukti, bahwa kekurangan vitamin D berkaitan dengan gangguan perkembangan saraf,” tutur Profesor John McGrath, pemimpin studi ini. Rekomendasi yang diberikan adalah dengan konsumsi suplemen vitamin D yang aman untuk ibu selama hamil.

Kecukupan vitamin D juga masih dibutuhkan saat fase menyusui berlangsung. Sebuah penelitian yang dilakukan Dr Caitlin Wyrwoll dan rekan-rekannya dari University of Western Australia, mengamati melalui perilaku sosial tikus dewasa yang lahir dari ibu yang kekurangan vitamin D selama kehamilan dan menyusui.

Hasilnya ditemukan bahwa tikus dengan ibu yang kekurangan vitamin D menunjukkan perilaku sosial yang tidak normal, perubahan kimia otak dan gangguan belajar dan ingatan. “Penelitian kami menunjukkan betapa pentingnya vitamin D mulai dari awal kehidupan. Ini dapat memengaruhi perkembangan otak dan berdampak pada fungsi otak di kemudian hari,” kata Dr Caitlin, dilansir dari News18.

Selain dari sinar matahari, vitamin D dapat diperoleh dari suplemen juga makanan, seperti ikan salmon, ikan tuna, kuning telur, juga jamur kancing. Penggunaan tabir surya juga dimungkinkan menjadi sebab seseorang kekurangan vitamin D. Jadi, pastikan agar kebutuhan vitamin D tercukupi dengan baik ya, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



share to BBM


RELATED ARTICLE

Ini Penyebab Bayi Sungsang dan Cara Mengatasinya

Waspada Penyakit Herpes pada Ibu Hamil

Trik Liburan Aman untuk Ibu Hamil



OTHER ARTICLES

Tips Mengatasi Balita yang Suka Menggigit

Hipertiroid saat Hamil, Apa yang Harus Dilakukan?

6 Tips Melakukan Perencanaan Keuangan Sampai Melahirkan

3 Kebiasan Bayi saat Tidur yang Wajib Diwaspadai

Mengenal Sindrom Pipi Merah pada Anak, Apa Itu?