Home - Keluarga - Seks & Pernikahan / 1 Januari 2019 / Redaksi

Menjaga Agar Tetap Mesra di Tahun 2019

Tahun berganti, bertambah pula usia pernikahan Anda. Semakin lama bersama, hubungan suami-istri semakin menantang. Suzanne Degges-White, Ph.D, konselor berlisensi dari Northern Illinois University, AS, mengatakan bahwa pasangan harus saling menjaga bara asmara. “Memperbarui hubungan sangat penting agar pasangan tetap harmonis, mesra, dan serasi,” katanya seperti dikutip di situs www.psychologytoday.com.

Berikut ini 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga kemesraan Anda dan pasangan, Moms. Anda juga bisa menjadikan ini sebagai resolusi Anda di tahun 2019.


1. Hargailah Kemesraan

Jagalah hubungan Anda dan pasangan sebagai kekasih. Terlalu lama bersama, kesibukan, dan rutinitas bisa mengurangi rasa cinta. Ciptakan momen mesra berdua. Jika memungkinkan, kirim anak-anak menginap di rumah kerabat, matikan telepon genggam, nyalakan musik tenang atau tonton film romantis, dan berdampingan berdua saja di ranjang. Jangan hindari jika gairah seksual Anda meningkat karena momen ini.


2. Jadilah Sahabat

Berdampingan seumur hidup menuntut Anda cerdas bermain peran. Anda harus menjadi kekasih, kadang orang tua, kadang pula sahabat untuk pasangan Anda. Kala pasangan sedang menghadapi hari yang berat, ia tidak perlu apa pun kecuali ciuman hangat dan pelukan nyaman dari Anda. Jadilah teman dekat yang mendengarkan cerita-ceritanya atau menemaninya menjalani hobi.


3. Bertemu Orang-Orang yang Mendukung Hubungan Anda

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga tentu ada orang-orang yang mendukung dan menentang hubungan Anda. Batasi waktu bertemu dengan orang yang tidak setuju dengan Anda sebab opini mereka sangat mungkin merusak hubungan Anda. Dengan bertemu orang-orang yang mendukung hubungan Anda berdua, hubungan Anda dan pasangan akan semakin kuat.


4. Menerima Perbedaan

Dua orang yang disatukan dalam satu hubungan tetaplah dua kepribadian yang unik dan punya perbedaan. Menerima perbedaan adalah jalan terbaik untuk Anda tetap harmonis bersama pasangan. Tentu saja, ia juga harus menerima Anda sebagai pribadi yang unik. Caranya, beritahu pasangan apa kebutuhan Anda, perasaan, harapan, dan impian Anda.


5. Mengingat dan Memperbarui Janji Cinta

Hubungan suami-istri terus berkembang dan berubah. Mungkin, setelah sekian tahun menjalaninya, Anda dan suami lupa akan janji di awal pernikahan. Perbaruilah janji itu dan ingat-ingatlah apa yang telah Anda jalani bersamanya selama ini. Memperbarui janji adalah cara terbaik untuk tetap harmonis daripada membiarkan Anda dan pasangan menjalani kehidupan sendiri dan lupa pada janji sehidup semati yang telah diucapkan di hari pernikahan. (M&B/SW/Dok. Freepik)


RELATED ARTICLE

Seks saat Liburan Lebih Menyenangkan, Kenapa Ya?

Apa Batasan Orang Tua Bermesraan di Depan Anak?

Tips Kencan di Rumah dengan Pasangan

OTHER ARTICLES

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!

8 Rahasia Hidup Bahagia yang Perlu Anda Terapkan

Moms, Ini Manfaat Mengajak Anak Bermain di Luar

Hal-Hal Memalukan yang Dialami saat Anda sedang Hamil

Hati-Hati! Orang Dewasa Juga Bisa Kena Cacar Air, Lho