Mother&Baby Indonesia
Tips Merawat Gigi Anak yang Akan Tanggal

Tips Merawat Gigi Anak yang Akan Tanggal

Gigi susu tanggal merupakan proses alami yang harus dilewati oleh setiap anak. Seperti dilansir dari babycenter.com, gigi anak sudah seharusnya tanggal dan diganti dengan gigi permanen pada usia 6-12 tahun.

Nah, agar Si Kecil dapat melewati fase ini dengan lancar, Anda perlu tahu fakta-fakta berikut mengenai gigi yang tanggal. Gigi permanen yang sudah siap tumbuh akan mendorong gigi susu keluar dari gusi. Desakan gigi permanen akan membuat gigi susu memendek. Saat itulah Si Kecil akan lapor kepada Anda kalau giginya goyang. Gigi permanen ini sendiri tidak membutuhkan waktu lama untuk tumbuh setelah gigi susu tanggal.

Meskipun begitu, biasanya Si Kecil akan rewel atau merasa tidak nyaman saat giginya mulai goyang dan akhirnya tanggal. Bahkan jadi malas makan karena proses mengunyahnya jadi terganggu.



Untuk mengatasi gigi Si Kecil yang goyang dan akan tanggal, berikut ini tips yang perlu Moms lakukan:

1. Gigi pertama yang goyang sebaiknya tidak asal ditarik karena bisa membuat infeksi. Cukup goyangkan gigi tersebut secara perlahan sampai tanggal dengan sendirinya.



2. Jika gigi yang goyang tersebut terasa sakit, ajak Si Kecil ke dokter gigi untuk melihat apakah gigi barunya sudah tumbuh. Gigi baru yang tumbuh sebelum gigi susu tanggal akan membuat posisinya jadi tidak tepat saat ia tumbuh nanti.

3. Rawat gigi susu Si Kecil. Gigi susu yang tanggal terlalu cepat akan membuat gigi tetap tidak memiliki arah untuk tumbuh dan cenderung tumbuh dengan posisi yang tidak tepat.

4. Biasakan untuk mengajak Si Kecil mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   gigi,   gigi tanggal








Related Article