Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 27 Januari 2019 / Redaksi

4 Cara Menyimpan ASI Perah dengan Baik

Supaya kualitas ASIP tetap baik, Anda harus menyimpannya dengan benar, Moms. Bagaimana sih caranya? Yuk, simak tips berikut ini.


1. Simpan ASIP dalam Botol Kaca

Setelah selesai memompa ASI, sebaiknya simpan ASI perah (ASIP) di dalam botol kaca, karena lemak dalam ASIP relatif tidak menempel di botol kaca. Jika Moms ingin menyimpan di plastik, pastikan hanya menyimpannya dalam waktu 3x24 jam saja, dan jangan dibekukan ya, Moms.




2. Jangan Isi Botol Terlalu Penuh

Isi botol kaca, namun jangan sampai terlalu memenuhi leher botol. Ini karena ASI mudah memuai ketika dibekukan dan akan membuat botol sulit ditutup. Selain itu, jangan lupa berikan label jam dan tanggal penyimpanan ya, Moms.




3. ASIP Only!

Jika ingin disimpan untuk waktu yang lebih lama, Moms harus menyimpan ASIP di dalam freezer. Namun jika ingin digunakan dalam 3-8 hari, sebaiknya ASIP hanya disimpan di kulkas bawah, bukan freezer. Simpan ASIP di kulkas bagian paling dalam dan jangan pernah taruh di pintu kulkas. Jika memungkinkan, sebaiknya pisahkan ASIP dengan makanan atau minuman lain di dalam kulkas.


4. Bekukan di Freezer

Untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama, setelah disimpan di kulkas bawah kurang lebih 3 hari, naikkan ke  freezer. ASIP harus mengalami perubahan suhu secara bertahap. Jika disimpan di  freezer kulkas 1 pintu, maka ASIP akan bertahan selama 2 minggu. ASIP yang disimpan dalam  freezer, kulkas 2 pintu bisa bertahan 3-4 bulan. ASIP yang disimpan dalam freezer khusus ASI bisa bertahan 6-12 bulan. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Cara Menyimpan ASI Perah yang Tepat

Tips Memerah ASI yang Tepat

Alat-Alat Inovatif yang Memudahkan Pemberian ASI

OTHER ARTICLES

Tips Mengajak Anak Salat Tarawih di Masjid

10 Rekomendasi Krim Anti Ruam Popok Ampuh untuk Bayi

Kolaborasi Spesial Live-Action Aladdin dari Indonesia

Benarkah Obstetric Cholestasis Jadi Penyebab Prematur?

Waspada Hepatitis A pada Anak! Ketahui 10 Fakta Ini