Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 4 Januari 2019 / Redaksi

Alat-Alat Inovatif yang Memudahkan Pemberian ASI

Kemajuan teknologi yang terjadi saat ini memang memengaruhi banyak aspek dalam menjalankan gaya hidup. Tak terkecuali dengan teknologi yang diciptakan khusus untuk ibu menyusui. Beberapa alat ini tentu saja dibuat agar memudahkan pemberian ASI untuk Si Kecil. Apalagi untuk Moms yang bekerja, peralatan ini pastinya dapat membantu memenuhi kebutuhan ASI untuk Si Kecil saat Anda tidak berada di dekatnya. Apa sajakah teknologi canggih ini? Berikut daftarnya, Moms:




1. Pompa ASI

Keberadaan pompa ASI memang dapat membantu Moms untuk menampung susu saat tidak bisa diberikan langsung pada bayi. Terdapat dua jenis, yaitu pompa ASI manual dan elektrik. Untuk manual, Anda memompanya dengan kekuatan tangan sendiri, sedangkan jenis elektrik digerakkan dengan listrik atau baterai. Bahkan, sekarang ada teknologi pompa ASI yang wireless atau tanpa kabel, Moms!


2. Hands Free Pumping Bra

Alat ini membantu Moms yang harus bersamaan bekerja dan memompa ASI. Pompa hands free bra membantu menyangga saat sedang memeras ASI baik saat di kantor maupun di rumah, sehingga saat memompa Moms masih bisa melakukan aktivitas lainnya. Alat ini juga bisa dipakai ke segala jenis pompa ASI.


3. Bantalan Puting

Saat menyusui, Anda mungkin mengalami rasa sakit dan sensitif di area puting. Tak jarang juga Anda merasakan kesulitan ketika mengeluarkan ASI. Untuk mengatasinya, saat ini tersedia bantalan khusus yang mampu memijat puting, yang diposisikan dalam pompa ASI apa pun. Salah satunya adalah BeauGen Nipple Cushion, yaitu bantalan puting yang tipis dan berukuran 1 mm.




4. Alat Sterilisasi

Agar menjaga kebersihan dan higienitas peralatan bayi, Anda memerlukan alat sterilisasi. Selain untuk membersihkan, alat ini juga bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan botol, dot, atau pompa ASI yang digunakan saat di kantor.


5. Aplikasi Menyusui

Salah satu kekhawatiran seorang ibu adalah mengenai kecukupan susu Si Kecil. Hal ini sekarang bisa teratasi dengan menggunakan perangkat khusus yang dapat mengukur berapa banyak ASI yang diminum bayi. Momsense bisa menjadi pilihan, yang dilengkapi dengan earphone untuk bayi dan ibunya. Perangkat ini akan mencatat dan membuat laporan jumlah ASI yang Si Kecil minum secara detail. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi, apakah Si Kecil sudah cukup minum ASI atau belum.


6. Kantung ASI

Perlengkapan lain juga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan ASI Si Kecil adalah kantong ASI. Saat ini, tersedia kantung atau juga pouches yang dapat menjaga kualitas ASI dengan cukup baik. Dengan adanya double zipper, ASI anda akan terlindungi karena lebih kedap udara dan bakteri tidak mudah mengkontaminasi susu. Tak hanya yang bening, kantung ASI juga memiliki banyak motif lucu yang bisa Moms pilih. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Macam-Macam Bentuk Puting yang Perlu Anda Kenali

4 Hal Penting agar Proses E-Pumping ASI Lancar

Kesulitan yang Dialami Ibu saat Memberi Susu Formula

OTHER ARTICLES

Efek Vakum pada Ibu Melahirkan

5 Mitos dan Fakta Mengenai Kecerdasan Newborn

Total Body Workout, Olahraga Efektif untuk Para Moms

15 Cara untuk Mencegah Speech Delay pada Anak

Tips Menyimpan Buah agar Matang Maksimal