Mother&Baby Indonesia
5 Langkah Agar Tak Takut Salah Menentukan Pilihan

5 Langkah Agar Tak Takut Salah Menentukan Pilihan

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam membuat keputusan? Memang rasa takut terhadap risiko yang terjadi setelahnya seringkali membuat seseorang menghabiskan banyak waktu untuk memilih. Bahkan sampai berdiskusi dengan pasangan atau orang lain. Keputusan pun semakin sulit dibuat jika menyangkut soal karier. Padahal dunia kerja selalu menuntut Anda untuk menentukan keputusan yang tepat dalam waktu singkat. Agar tidak salah pilih, lakukan 5 langkah berikut ini, Moms!


1. Identifikasi Masalah



Untuk mengenali keadaan dan masalah yang terjadi, posisikan diri Anda sebagai ‘orang luar’. Keluar sejenak dari permasalahan akan membuat otak berpikir dengan lebih rasional. Setelah itu, pikirkan mengapa masalah tersebut dapat terjadi. Terus ajukan pertanyaan ‘mengapa’ kepada setiap jawaban yang ditemukan. Pertanyaan ini akan membuat Anda semakin memahami situasi dan masalah yang sedang dihadapi.


2. Catat Solusi Alternatif

Setelah memahami dan menemukan akar masalahnya, kini saatnya memikirkan berbagai solusi yang berpotensi dapat menyelesaikan masalah. Mulailah dengan mencatat semua solusi, dari yang terbaik hingga yang kurang efektif. Ajak teman untuk ikut menyumbang ide, agar dapat memberikan solusi alternatif yang tidak terpikirkan sebelumnya.




3. Evaluasi Pilihan

Setelah terkumpul sejumlah solusi, langkah selanjutnya adalah mengevaluasi pilihan yang telah Anda buat. Pikirkan risiko dari setiap alternatif dan bayangkan diri Anda berada di situasi tersbeut. Kira-kira dampak apa yang akan muncul, baik dalam jangka pendek dan jangka panjang? Apakah akan menimbulkan masalah dan bagaimana perasaan Anda jika itu terjadi? Catat semua jawaban tersebut ke dalam daftar solusi.


4. Pilih yang Terbaik

Beri jeda sejenak sebelum memilih. Penelitian membuktikan, hal ini dapat membuat seseorang menetapkan keputusan dengan lebih baik. Sebaiknya cek kembali daftar solusi yang dibuat pada pagi hari, ketika pikiran masih segar. Otak yang fresh akan membuat pandangan menjadi lebih objektif. Kemudian berdasarkan evaluasi tersebut, pilih keputusan yang paling masuk akal.


5. Tindak Lanjuti Keputusan

Setelah dijalankan, cek kembali apakah keputusan tersebut sudah sesuai seperti yang direncanakan. Jika belum, tidak ada salahnya untuk meninjau kembali alternatif pilihan lain dari daftar solusi. Anda bisa meminta pendapat dari teman tepercaya untuk turut mengevaluasinya. Selamat mencoba, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   karier ibu,   ibu bekerja,   pilihan








Cover Januari - Februari 2020