Home - Keluarga - Keuangan Keluarga / 26 Januari 2019 / Redaksi

7 Langkah Hemat untuk Anda para New Moms

Semua orang tua pasti merasa bahagia saat Si Kecil lahir. Tetapi, alangkah baiknya jika kelahiran tersebut sudah dilengkapi dengan perencanaan keuangan yang matang. Tidak bisa dibayangkan jika saat kelahiran Si Kecil disertai dengan kondisi keuangan yang kurang baik. Duh, Moms pasti tidak mau hal itu terjadi, kan? Nah, untuk mencegah kemungkinan buruk tersebut, ikuti beberapa langkah mudah dan ampuh untuk berhemat berikut ini yuk, Moms.


1. Meminjam Perlengkapan Bayi

Kalau semua perlengkapan bayi harus dibeli baru, wah, pastinya itu akan sangat menguras kantung ya, Moms. Solusinya? Pinjam saja dengan teman atau kerabat yang memiliki perlengkapan bayi layak pakai namun sudah tidak mereka pakai kembali. Jangan malu bertanya kepada teman atau kerabat untuk meminjamkan atau mewariskan baju layak pakai yang sudah tidak terpakai lagi.




2. Keluarkan Jurus Tawar-Menawar

Bukan Moms zaman now namanya kalau tidak mahir dalam mengeluarkan aneka jurus tawar-menawar. Setuju? Nah, kalau Moms adalah salah satu ibu yang menguasai kemampuan yang satu ini, jangan ragu-ragu dipakai jurusnya ya, Moms. Tak hanya saat membeli langsung, beberapa tempat belanja online juga bisa ditawar lho, Moms.


3. Belanja saat Diskon

Mungkin membutuhkan waktu ekstra untuk berburu diskon di toko online, namun biasanya harga ‘miring’ yang ditawarkan cukup sepadan dengan usaha Anda. Sebelum membeli, Moms bisa membandingkan harga dan diskon antar toko online terlebih dahulu. Tidak ada salahnya ‘berjalan-jalan’ di online store, asal tetap fokus dengan barang yang dibutuhkan ya, Moms!


4. Memberikan ASI

Makanan sekaligus minuman terbaik bagi bayi? Sudah pasti ASI dong, Moms. Begitu banyak penelitian yang menyebutkan kalau ASI memberikan segudang manfaat bagi tumbuh kembang Si Kecil, khususnya newborn.



Tak hanya kaya manfaat, memberikan ASI untuk bayi juga membantu Moms berhemat pengeluaran, karena ASI tidak membutuhkan biaya alias gratis! Buat apa memberikan susu formula, jika ada ASI yang lebih sempurna dan bebas biaya.


5. Gunakan Popok Kain

Sudah bukan rahasia lagi, diapers atau popok sekali pakai (pospak) memang menjadi salah satu pengeluaran yang sangat menguras dompet. Setuju, Moms? Untuk menghindari pengeluaran tersebut, Moms bisa beralih ke popok kain. Ya, biaya awal pembelian popok kain memang agak mahal, tetapi selanjutnya Anda dapat menghemat biaya untuk pengeluaran pospak Si Kecil.


6. Menyewa Perlengkapan Bayi

Kebutuhan bayi sangat banyak, maka tidak perlu semuanya dibeli baru, Moms. Sekarang sudah banyak tempat penyewaan berbagai perlengkapan bayi, seperti stroller, tempat tidur bayi, hingga freezer untuk menyimpan ASI perah.


7. Jual Barang yang Tak Terpakai

Seiring bertambahnya usia Si Kecil, tentunya banyak barang yang sudah tidak terpakai lagi. Tak hanya barang anak, barang-barang Moms juga pasti banyak nih, yang dibiarkan menumpuk begitu saja. Nah, manfaatkan barang-barang tersebut untuk dijual lagi, sehingga uangnya bisa digunakan untuk membeli kebutuhan baru Si Kecil. Uang didapat, rumah pun jadi lebih nyaman karena terbebas dari tumpukan barang tidak terpakai. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

6 Tips Melakukan Perencanaan Keuangan Sampai Melahirkan

Bolehkah Seorang Ibu Memiliki Tabungan Rahasia?

Manfaat (Tersembunyi) Kartu Kredit

OTHER ARTICLES

Market & Museum - Letter To Jully

Hari Anak Nasional: Sudahkah Kita Penuhi 10 Hak Anak?

Yuk Moms, Kenali Karakter Anak Berdasarkan Zodiak! (2)

Keluarga Baru Jakarta Aquarium

Oligohidramnion, Kondisi Cairan Ketuban Terlalu Sedikit