Home - Keluarga - Mums Know Best / 29 Januari 2019 / Redaksi

Moms, Siapkan Perlengkapan Ini untuk anak Sekolah

Si Kecil akan masuk preschool sebentar lagi. Bukan hanya Si Kecil yang harus dipersiapkan untuk masuk sekolah. Anda sebagai orang tua juga harus mempersiapkan diri, dan tidak sekadar mempersiapkan dana dan sekolah yang tepat, Moms. Ada beberapa hal lain yang tak kalah penting untuk menyukseskan hari pertama Si Kecil di sekolah. Berikut ini adalah sejumlah perlengkapan penting yang dibutuhkan balita Anda, yaitu:


Seragam

Biasanya, sekolah menyediakan seragam untuk muridnya. Namun, ada hari-hari tertentu di sekolah di mana anak boleh memakai baju bebas. Selain itu, ada juga sekolah yang tidak menyediakan seragam sama sekali untuk muridnya dan membolehkan mereka untuk memakai baju bebas di sekolah. Untuk itu, Moms sebaiknya memilihkan baju yang nyaman dan sopan untuk menunjang aktivitas Si Kecil di sekolah.


Sepatu

Jika harus memakai sepatu seragam, Moms perlu membeli sepatu tersebut paling tidak 2 minggu sebelum sekolah dimulai. Membeli terlalu cepat dikhawatirkan akan membuat sepatu itu tidak bisa dipakai di hari-H karena sempit (ingat, kaki Si Kecil cepat tumbuh, lho!). Jika sekolah membebaskan muridnya memakai sepatu sendiri, pilih sepatu yang nyaman untuk Si Kecil. Sepatu yang nyaman itu adalah sepatu yang tidak terlalu besar atau sempit, memiliki sol yang lentur, bagian tumit yang melindungi, dan bagian tengah sepatu yang nyaman.


Perlengkapan Lain

Cari tahu apakah sekolah menyediakan alat tulis untuk muridnya. Jika ya, berarti Anda tidak perlu membeli lagi. Sediakan saja tas sekolah yang nyaman untuk Si Kecil. Model ransel dengan bantalan empuk sangat dianjurkan. Siapkan pula alat makan, botol minum, kotak bekal untuk Si Kecil. Jangan lupa untuk memberi label nama di setiap barang tersebut agar memudahkan Si Kecil menjaga peralatannya sendiri atau jika peralatan tersebut hilang, pihak sekolah bisa langsung mengetahui pemilik peralatan tersebut.


Peralatan Kesehatan

Jika Si Kecil mengidap suatu penyakit yang membutuhkan penanganan tertentu, berikan catatan pada guru bagaimana cara tepat menangani Si Kecil. Jangan lupa juga untuk membekali dengan obat dan semua peralatan kesehatan yang dibutuhkannya.


Jemputan

Beruntunglah Anda yang masih sempat mengantar Si Kecil ke sekolah sebelum berangkat ke kantor atau punya anggaran lebih untuk menyewa supir pribadi. Jika tidak, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menyewa jasa antar jemput buat Si Kecil. Mintalah data antar jemput yang direkomendasikan oleh pihak sekolah. (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Tips Mencuci Popok Kain yang Benar

Jaga Pencahayaan Kamar untuk Kenyamanan Anak

Persiapan yang Dilakukan untuk Mengadopsi Anak



OTHER ARTICLES

7 Bahan Skin Care yang Harus Dihindari Ibu Hamil

5 Hal yang Perlu Anda Lakukan setelah Gajian

Seperti Apa Air Mineral yang Layak Diminum Keluarga?

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Balita Punya Adik Lagi

Ini yang Dialami Moms Baru pada Masa Nifas