Home - Nutrisi - Nutrisi / 23 Januari 2019 / Redaksi

5 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita

Saat Anda dan pasangan memutuskan untuk memiliki anak dan menjadi orang tua, Anda berdua sepakat untuk menerapkan gaya hidup sehat agar Anda bisa cepat hamil. Akan tetapi, walau Anda sudah ingin sekali menimang bayi, belum juga ada tanda-tanda Anda hamil.

Nah, salah satu hal yang mesti Anda lakukan adalah dengan cara memerhatikan pola makan yang sehat. Ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi guna meningkatkan kesuburan dan memperbesar kemungkinan untuk punya bayi, Moms. Berikut ini makanan yang bisa Anda coba konsumsi secara teratur.




Susu


Kalsium memiliki peranan penting dalam kehidupan wanita, termasuk kehamilan. Menambah asupan kalsium dari sumber makanan kaya lemak susu, seperti susu, yoghurt, dan keju, tidak hanya akan membantu memperkuat tulang Anda, tetapi juga meningkatkan fungsi sistem reproduksi menjadi lebih efisien.


Karbohidrat Kompleks


Banyak wanita menghindari karbohidrat dengan alasan membuat gemuk. Namun, karbohidrat kompleks, seperti gandum, biji-bijian, dan kacang-kacangan, tidak hanya sehat, tetapi dapat membantu meningkatkan kesuburan.


Sayuran dan Buah Berwarna Cerah




Selain mengandung vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi penting bagi tubuh, sayuran dan buah-buahan berwarna cerah juga kaya antioksidan dan fitokimia yang dapat menghilangkan radikal bebas. Konsumsi rutin sayuran dan buah-buahan berwarna cerah akan mampu menghilangkan racun yang mungkin mengganggu proses kehamilan. Sebaliknya, hindari buah dan sayur kalengan karena memiliki nilai gizi yang sedikit serta penuh dengan bahan pengawet dan pemanis buatan.


Daging Ayam


Wanita yang sedang berusaha untuk hamil sangat dianjurkan mengonsumsi daging ayam karena memiliki kandungan protein dan zat besi yang tinggi. Kedua zat ini sangat dibutuhkan sebelum dan selama kehamilan.


Telur


Telur memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan reproduksi. Telur mengandung vitamin dan nutrisi, seperti protein serta kolin. Wanita perlu mengonsumsi kolin sebelum dan selama kehamilan untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap asam folat. Makan 1 telur per hari dapat meningkatkan kadar kolin dalam tubuh dan menyerap asam folat dua kali lipat. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Asupan Tepat untuk Makan Malam yang Sehat

Makanan Sehat untuk Jaga Konsentrasi saat Beraktivitas

Mengapa MPASI Homemade Lebih Sehat

OTHER ARTICLES

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut Bayi Anda

5 Gaya Hidup Sehat yang Semakin Dilupakan Orang-Orang

Saat Penghasilan Istri Lebih Besar Ketimbang Suami

Saat Bayi Anda Menyusu Tiada Henti, Mesti Bagaimana?

Kram Kaki saat Hamil? Ini Tips untuk Mengatasinya