Mother&Baby Indonesia
Cara Menghadapi Sibling Rivalry ala Nadia Mulya

Cara Menghadapi Sibling Rivalry ala Nadia Mulya

Tepat pada 12 Januari lalu, presenter cantik, Nadia Mulya melahirkan anak keempatnya yang bernama Nilouh Alessandramulya Mudijana. Dan untuk persalinan kali ini, Nadia harus menunggu hingga usia kehamilan memasuki minggu ke-41. Kepada M&B, Nadia menceritakan persiapan dirinya untuk menjalani persalinan sejak minggu ke-38. Bahkan ketika tahun baru, ia bersama suami dan ketiga anaknya menghabiskan waktu bersama di area dekat rumah sakit.

Sayangnya, sampai memasuki minggu ke-40, belum ada tanda-tanda kontraksi. Padahal Nadia sudah menerima induksi secara alami, hingga melakukan berbagai hal seperti olahraga dan mengonsumsi makanan pedas. “Sampai akhirnya di 12 Januari, mulai timbul flek. Namun, saya belum merasa khawatir sehingga masih sempat untuk melakukan perawatan diri. Dan ternyata pada pukul 19.00 sudah bukaan ke-7, sampai akhirnya Si Kecil lahir pada pukul 21.15,” cerita Nadia, eksklusif dengan M&B.

Karena kisahnya, ibu dari tiga anak ini pun menyarankan agar Moms yang sedang menantikan persalinan, untuk tidak mengharapkan waktu kelahiran atau due date yang direncanakan sebelumnya. “Nikmati waktu selama menanti persalinan karena mungkin prosesnya bisa lebih cepat,” tambah Nadia.




Usia Anak Dekat, Tak Masalah!

Istri dari Dastin Mirjaya Mudijana ini, mengaku tidak begitu kesulitan menghadapi anak dengan jarak usia yang dekat. Khususnya antara Delmar Bevandimulya Mudijana, anak ketiganya yang saat ini berusia 2 tahun. Dengan ramainya suasana rumah, nyatanya Nadia mampu mengatasi sibling rivalry di antara anak-anaknya.




“Mungkin karena punya kakak yang umurnya jauh banget, dia sudah terbiasa dengan keadaan yang ramai. Delmar sendiri selalu ikut selama aku periksa USG atau saat di kelas hypnobirthing ketika hamil Nilouh. Jadi, dia sudah sadar akan memiliki adik,” cerita Nadia.

Hal ini dibuktikan ketika sang ibu harus melakukan tandem menyusui. Di hari ketika Delmar menjenguk sang adik, ia tidak merasa terganggu ketika harus menyusu ASI bersamaan dengan Nilouh. Karenanya, Nadia tidak terlalu khawatir dengan sibling rivalry di antara anak-anaknya.

Meski telah memiliki empat anak, Nadia ternyata masih berkeinginan untuk memiliki dua anak kembali. “Tapi ya dilihat lagi kondisi kesehatanku juga, kalau memungkinkan ya tahun depan mau coba lagi,” ujarnya. Kita doakan saja, semoga Nadia selalu sehat, Nilouh pun dapat tumbuh dengan sehat dan mungkin bisa memiliki adik lagi, ya! (Vonia Lucky/SW/Dok. Instagram @nadiamulya)



Tags: keluarga,   anak,   nadia mulya,   sibling rivalry,   kakak adik