Mother&Baby Indonesia
Tips MPASI Menyenangkan ala Seleb Moms Indonesia

Tips MPASI Menyenangkan ala Seleb Moms Indonesia

Setelah Si Kecil berusia 6 bulan, makanan pendamping ASI atau MPASI mulai diberikan untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Dalam proses pengenalan dan pemberiannya ini, tak jarang Moms mengalami kesulitan seperti Si Kecil menolak MPASI yang diberikan, atau ia hanya sekadar memain-mainkannya.

Bila sudah begini, Moms pun terkadang bingung dan mulai sibuk mencari cara agar Si Kecil tetap mau makan. Hal ini sama seperti yang dialami beberapa seleb Moms Indonesia, di mana mereka juga mengalami kesulitan ketika harus menghadapi berbagai macam reaksi dan tingkah laku Si Kecil saat memberi MPASI.

Tidak menyerah, para seleb Moms ini justru melakukan segala cara agar Si Kecil tetap mau makan sehingga gizinya pun tetap terpenuhi. Bagi Moms yang mengalami hal yang sama, para Seleb Moms ini berbagi cara menyenangkan saat memberi MPASI untuk Si Kecil.




1. Sandra Dewi

Soal makan, Si Kecil (Raphael Moeis) sangat moody. Bila suka dengan suatu makanan, ia bisa makan dengan cepat. Sebaliknya bila ia tidak suka, istri dari Harvey Moeis ini harus menghibur sang anak agar ia mau makan.

“Selain saya, supir, mbak, dan susternya saya panggil untuk ajak ngobrol dan ajak bercanda Raphael ketika makan. Saya juga berikan ia mainan agar ia bisa main sambil makan. Mainannya juga ganti-ganti, jadi ia tetap senang,” ungkapnya.

Cara lainnya adalah dengan mengajak Si Kecil makan bersama. Sandra mengaku anaknya punya sifat keingintahuan yang tinggi, jadi ketika ia sedang makan, Si Kecil pun penasaran dan ingin ikut makan dengannya.

2. Sharena Delon

Berbekal trik dari sahabatnya, ibu dari Ryshaka dan Sea ini menerapkan waktu jam makan agar Si Kecil mau makan. Sang anak harus memiliki jam yang pasti untuk makan agar menjadi kebiasaan. Dengan begitu, anak akan tahu bahwa bila ia tidak makan ia juga yang akan kelaparan.

“Saya kasih waktu per 2 jam, dalam 2 jam itu terserah mau hanya masuk 1-3 sendok terserah dia. Setelah setengah jam akan saya angkat makanannya. Mau ia sentuh atau tidak, mau habis atau minta nambah, pokonya hanya di waktu setengah jam itu,” jelasnya.

3. Joana Alexandra

Saat jam makan, ibu dari 4 orang anak ini mengerahkan seluruh tenaganya untuk memberikan makan sang anak, misalnya dengan cara menghiburnya. Namun menurutnya, tidak perlu terlalu heboh, karena pada dasarnya anak suka hal sederhana. “Misalnya perubahan mimik, perubahan intonasi suara (rendah atau tinggi) ketika kita nyanyi saat anak sedang makan, itu sudah cukup menarik buat Si Kecil,” ucapnya.



Selain itu, Joana juga berprinsip bahwa bila makan, anak-anaknya harus makan di meja makan. Jadi tidak masalah bila segala mainan juga harus ditaruh di atas meja makan. Ia juga memberikan waktu 1 jam untuk anaknya makan.

4. Vicky Shu

Ibu yang berprofesi sebagai penyanyi ini percaya dengan istilah happy mom, happy baby. Jadi ketika sang anak menolak diberi MPASI, Vicky pun berpikir bahwa ia harus berperan sebagai 'orang gila' agar Si Kecil mau makan.

“Saya lakukan segala cara biar makanannya masuk. Entah saya nyanyi, nari-nari, lompat-lompat, sampai suami saya bilang 'istrinya rada edan ini', hahaha...” Ceritanya.


Mudahnya Menyiapkan MPASI

Menurut ahli gizi, Fasty Arum Utami, cara yang dilakukan oleh para seleb Moms tersebut tidak ada yang salah. “Semua cara yang dilakukan oleh ibu untuk memberi makan Si Kecil tersebut itu halal. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah pastikan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala Si Kecil naik setiap bulan, apa pun caranya,” tegasnya.

Tidak hanya cara menyenangkan memberi MPASI saja yang perlu Anda ketahui, cara menyiapkan MPASI dengan praktis dan efisien pun juga tak kalah penting. Moms bisa menjadi koki profesional dalam menyiapkan MPASI untuk Si Kecil dengan bantuan baby food processor OONEW Petite Series yang resmi diluncurkan pada 25 Januari 2019 lalu.

OONEW Petite Series ini memiliki 4 fungsi dalam 1 alat yaitu mengukus, menghaluskan, chopping, dan mencairkan makanan beku. Dengan alat ini, semua gizi dan vitamin yang terkandung pada bahan makanan untuk membuat MPASI tetap terjaga. Terdapat 2 varian warna menggemaskan yang bisa Anda pilih, yaitu honeydew green, dan pink salmon.

Anda bisa mendapatkannya di situs belanja online Tokopedia dan nikmati promo khusus berupa potongan harga 20% ditambah cashback Rp 100.000 hingga 9 Februari 2019. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik, Tokopedia)




Tags: mpasi,   memberi mpasi,   lancar mpasi








Cover Januari - Februari 2020