Home - Kesehatan - Kesehatan / 16 Januari 2019 / Redaksi

Moms, Yuk Lakukan Senam Wajah agar Awet Muda

Menjaga penampilan wajah bukan cuma dilakukan dengan sekadar rajin memakai make up dan membersihkannya secara rutin. Moms juga bisa melakukan cara alami dan simpel buat menjaga wajah agar tetap awet muda. Seperti halnya kita menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga, wajah pun perlu diajak olahraga agar sehat.

Menurut Rachel Lang, seorang ahli kecantikan, seperti dilansir dari mindbodygreen.com, wajah memiliki sekitar 40 otot yang harus dijaga. Stres dan emosi yang kita alami bisa menyebabkan otot-otot tersebut tegang. Dan jika tidak dirawat, garis halus dan kerutan pada kulit akan muncul. Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi pada wajah Anda kan, Moms?

Nah, salah satu cara alami dan simpel membuat wajah tetap terlihat awet muda adalah dengan melakukan senam wajah atau akrab disebut facial yoga, untuk melatih kekuatan otot-otot wajah tetap kencang. Berikut ini gerakan-gerakannya:



1. Bentuk bibir serupa huruf O tanpa memperlihatkan gigi. Lalu, kencangkan bibir semampunya dilanjutkan dengan menyunggingkan senyum selebar mungkin dan kembalilah pada posisi bibir seperti huruf O. Ulangi hingga beberapa kali, lalu lanjutkan dengan gerakan mendorong dagu ke arah belakang sambil menggerakkan rahang ke atas dan ke bawah.

2. Lakukan posisi bibir seperti dalam keadaan ingin mencium. Gerakkan juga bibir seperti sedang menggunakan sedotan hingga pipi mengerut ke dalam. Lakukan selama beberapa kali. Gerakan ini juga berguna untuk mengencangkan kulit bagian leher dan dagu Anda.



3. Mulailah dengan posisi duduk atau berdiri, luruskan punggung atau tulang belakang. Gerakkan rahang ke atas dan ke bawah seperti Anda mengunyah. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, kemudian perlahan-lahan hembuskan napas sambil bersenandung. Ketika Anda selesai menghembuskan napas, buka mulut Anda selebar mungkin dengan ujung lidah yang menekan belakang gigi bagian bawah Anda dengan lembut. Tahan posisi ini, tariklah napas lalu hembuskan napas hingga terdengar suara “hahhh”. Lakukan selama 90 detik. Gerakan ini terhitung dalam 1 repetisi. Lakukan sebanyak 2 set.

Selamat melakukan senam wajah, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Cara Menyimpan Obat yang Baik dan Tepat

Fakta di Balik Makanan yang Terjatuh ‘Belum 5 Menit’

Lagu Natal Bernada Sendu Memengaruhi Perasaan Hati

OTHER ARTICLES

Mother&Baby Fair 2019 Hadir di Makassar Weekend Ini!

Mitos Seputar Kulit Bayi yang Anda Perlu Tahu

Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam? Ini Jawabannya, Moms

50+ Ide Nama Bayi Laki-Laki yang Bermakna Berani

Muslim Life Fest 2019