Home - Kesehatan - Kesehatan / 14 Januari 2019 / Redaksi

Cara Menyimpan Obat yang Baik dan Tepat

T: Biasanya saya menyimpan obat sirup Si Kecil yang belum habis di dalam kulkas. Apakah itu aman dilakukan dan tidak memengaruhi kandungan dalam obat?

J: Obat-obatan sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Dan obat akan lebih mudah rusak bila terkena paparan panas maupun udara yang lembap. Obat sirup boleh Moms simpan di kulkas, khususnya yang ada di bagian bawah.

Sebaiknya juga obat diletakkan di tempat yang suhunya relatif stabil (tidak di pintu kulkas maupun di freezer yang bisa terbentuk bunga es). Sebagian obat sirup yang berasal dari bubuk kering yang dicairkan (dry syrup) memiliki masa kedaluwarsa yang pendek, biasanya sekitar 1 minggu.



Jangan lupa tanyakan ke apoteker saat Moms mendapatkan obat tersebut, sampai kapan obat dapat aman disimpan dan digunakan. Selain itu, selalu berhati-hati dalam menyimpan obat bila Si Kecil sudah dapat membuka kulkas sendiri. Jangan sampai obat sirup dianggap sirup biasa atau obat pil dianggap permen, lalu dikonsumsi olehnya.

Sebaiknya, jangan juga mencampur berbagai jenis obat dalam satu wadah. Periksalah juga tanggal kedaluwarsa obat yang Anda simpan.



Untuk peletakan obat, hindari menaruhnya di atas barang elektronik yang bisa mengeluarkan panas dan merusak obat. Pastikan juga untuk membersihkan sendok ukur atau pipet setelah digunakan, sehingga meminimalisir tumbuhnya bakteri serta jamur.

(Dijawab oleh dr. Yovita Ananta Sp.A, MHSM, IBCLC, Rumah Sakit Pondok Indah – Pondok Indah, Jakarta)

(M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Fakta di Balik Makanan yang Terjatuh ‘Belum 5 Menit’

Lagu Natal Bernada Sendu Memengaruhi Perasaan Hati

Amankah Mengonsumsi MSG saat Hamil?

OTHER ARTICLES

MB Fair Surabaya 2019

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!

5 ‘Keanehan’ pada Newborn yang Perlu Anda Ketahui

Emboli Air Ketuban bisa Ancam Nyawa Ibu Hamil dan Bayi

Kapan Saat Tepat Memberi Uang Jajan buat Anak?