Mother&Baby Indonesia
4 Cara Mudah Menjadi Breastfeeding Father

4 Cara Mudah Menjadi Breastfeeding Father

Tugas menyusui Si Kecil memang dijalankan sang ibu. Tetapi, Dads juga perlu mendukung atau terlibat dalam proses breastfeeding ini. Dukungan ini, seperti dilansir La Leche League International, akan membantu keberhasilan menyusui.

Riset menunjukkan bahwa 98,1 persen Moms berhasil menyusui ketika Dads memberi dukungan penuh. Sebaliknya, jika Dads cuek, hanya 26,9 persen Moms saja yang sukses menyusui. Ada sejumlah hal yang dapat dilakukan oleh ayah untuk membuat Moms berhasil menyusui.




1. Ciptakan Suasana Menyenangkan

Hal yang dapat dilakukan seorang ayah untuk meningkatkan keberhasilan Moms dalam menyusui adalah dengan menciptakan suasana menyenangkan di rumah. Misalnya saja dengan menyetel musik yang membuat Moms dan Si Kecil rileks. Selain itu, untuk sementara waktu, Dads bisa menyimpan ponsel Moms untuk menahan segala komentar negatif dari orang lain yang muncul dan bisa memengaruhi suasana hati Moms.


2. Dampingi saat Menyusui

Mendampingi pasangan saat menyusui akan membuat Si Kecil dapat menyusu dengan baik. Mengelus atau memijat lembut punggung pasangan ketika menyusui juga dapat memperlancar produksi ASI. Setelah menyusui, Dads bisa menggendong Si Kecil untuk disendawakan. Sementara itu, minta Moms untuk beristirahat usai menyusui bayi.




3. Tenangkan Si Kecil ketika Rewel

Bayi membutuhkan banyak kontak fisik, tidak hanya dengan Moms, tetapi juga Dads. Kontak fisik dapat dilakukan dengan cara menggendongnya. Ketika ia sedang rewel, Dads bisa menggendong untuk menenangkannya. Kontak antar kulit ini membuat produksi oksitosin ayah meningkat. Kadar oksitosin yang bertambah tersebut membuat ikatan dengan Si Kecil akan semakin kuat.


4. Beri Semangat

Di minggu-minggu pertama pasca melahirkan, selain kurang tidur, perubahan hormon yang dialami membuat ibu sedikit bimbang dengan kebulatan tekadnya untuk menyusui. Dalam kondisi ini, ayah bisa mengingatkan ibu, bahwa menyusui merupakan hal paling penting yang bisa dilakukan. Dengan memberikan ASI, Si Kecil dapat memulai kehidupannya dengan lebih baik. Beri semangat kepada Moms bahwa ia bisa memberikan ASI kepada Si Kecil. Hargai segala usaha Moms dan berikan pujian kepadanya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. M&B Picture Library)



Tags: keluarga,   breastfeeding father,   asi,   menyusui








Related Article