Mother&Baby Indonesia
Tips Membuat Anak Siap Sekolah

Tips Membuat Anak Siap Sekolah

Bukan hanya Si Kecil yang harus dipersiapkan untuk masuk sekolah. Anda sebagai orang tua juga harus mempersiapkan diri. Salah satu yang paling penting adalah memilih sekolah yang tepat untuk Si Kecil.

Saat ini banyak sekali sekolah yang tersedia untuk anak-anak. Setiap sekolah memiliki kurikulum, pendekatan, cara pengajaran, serta nilai-nilai yang berbeda. Bagaimana menentukan sekolah yang sesuai untuk Si Kecil? Berikut beberapa hal yang perlu Anda cermati, Moms.




Lakukan Evaluasi

Diskusikan dengan pasangan dan tentukan hal-hal berikut sebelum memulai pencarian sekolah:

• Sebaiknya Anda memilih sekolah yang memiliki nilai-nilai yang sama dengan yang dimiliki keluarga. Dengan begini, Si Kecil tidak akan kebingungan nantinya.

• Dana pendidikan memengaruhi sekolah mana yang akan Anda pilih.

• Seberapa jauh orang tua memiliki kemampuan untuk menunjang pendidikan anaknya di rumah? Banyak kasus orang tua berharap sekolah bisa menggantikan fungsi orang tua sebagai pendidik di rumah.


Kunjungi Sekolah

Awalnya, Anda bisa mengunjungi situs internet sekolah tersebut untuk mencari tahu informasi dasar. Setelah itu, Anda bisa mengunjungi langsung sekolahnya, bukan hanya untuk menilai, tapi juga untuk menangkap suasana belajar mengajar yang ditawarkan. Pada tahap ini, Anda perlu mencari tahu tentang:

• Program. Anda perlu bertanya tentang kurikulum dan sistem pengajaran di sana. Preschool yang baik memiliki kurikulum belajar yang mengacu pada pengembangan anak usia dini melalui sistem belajar dalam suasana bermain yang riang, santai, namun juga disiplin.

• Guru. Perhatikan kualifikasi dan latar belakang pendidikan pengajar di sekolah tersebut. Guru yang mencintai dunia anak dan memahami psikologi serta perkembangan anak akan lebih mampu mendidik dan mengajar muridnya. Perhatikan juga rasio antara guru dan murid.



• Fasilitas. Yang termasuk dalam fasilitas adalah lokasi sekolah, fisik bangunan, dan sarana prasarana yang disediakan. Pilih lokasi sekolah yang dekat, mudah dijangkau dari rumah, dan tidak berdekatan dengan lokasi berbahaya, misalnya pabrik. Pilih juga sekolah yang memiliki ruang belajar yang ideal, dilengkapi alat peraga untuk sarana belajar, dan perpustakaan untuk mengenalkan anak pada kegiatan membaca.


Cek Referensi

Jika Anda sudah memiliki beberapa kandidat sekolah untuk Si Kecil, mintalah rekomendasi dan penilaian dari orang tua yang sudah lebih dulu menyekolahkan anaknya di sana. Tanyakan pada mereka apa saja hal-hal positif dan negatif dari sekolah tersebut sebagai bahan pertimbangan Anda.


Free Trial

Sebaiknya Anda tidak memberikan banyak pilihan sekolah pada anak, karena ia bisa bingung memilih. Tujuan mengikutsertakan anak adalah agar Anda bisa melihat apa ia menyukai calon sekolahnya itu. Anda bisa mengajaknya mengunjungi calon sekolahnya atau mengikutsertakan Si Kecil pada program free trial.


Konsistensi di Rumah

Saat memilih sekolah yang sesuai untuk anak, banyak orang tua yang menaruh harapan pada sekolah tersebut, misalnya, memilih sekolah yang berbahasa Inggris agar kelak Si Kecil jago berbahasa Inggris juga. Harapan-harapan seperti itu sebaiknya Anda sampaikan pada pengajar atau kepala sekolah.

Namun perlu diingat pula bahwa tanggung jawab untuk mendidik dan mengajarkan Si Kecil bukan hanya kewajiban sekolah. Andalah kuncinya. Konsistensi di rumah dan sekolah adalah hal penting dalam menyukseskan pendidikan Si Kecil. Jadi jika Anda memilih sekolah bilingual agar anak jago berbahasa Inggris, komunikasi ini juga harus dilanjutkan di rumah. Jika Anda memasukkan anak ke sekolah berbasis agama agar potensi religinya baik, di rumah Anda pun harus mengajaknya rajin beribadah dan bergaya hidup sesuai ajaran agama. Ini penting agar anak tidak bingung dan mengalami bentrokan nilai-nilai.

Selamat menyiapkan sekolah untuk Si Kecil, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   sekolah








Cover Januari - Februari 2020