Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 26 Januari 2019 / Redaksi

Tips Memilih Tempat Belajar Bahasa Asing untuk Anak

Memahami bahasa asing sejak dini sangat penting, agar Si Kecil memiliki bekal masa depan yang lebih baik, Moms. Sebuah studi di Amerika Serikat mengungkapkan, sejak lahir bayi sudah bisa diajarkan 2 bahasa (bilingual).

Pendapat senada juga diungkapkan oleh Barbara Z. Pearson, penulis buku Raising a Bilingual Child. Menurutnya, usia ideal untuk mengajarkan anak bahasa ke-2 adalah pada usia 0-10 tahun. Namun, sebaiknya di masa 2 tahun pertama perkenalkan 1 bahasa dahulu pada Si Kecil untuk menghindari gangguan bicara dan bahasa. Jika setelah usia 2 tahun anak sudah pandai berbicara bahasa Indonesia dan menguasai cukup kosa kata dalam bahasa Indonesia, Anda bisa mulai mengajarkan bahasa asing padanya.




Agar Pandai Bahasa Asing

Dengan mengenalkan bahasa asing kepada Si Kecil sejak dini, Anda telah membantunya mempersiapkan bekal untuk menghadapi persaingan di masa depan. Berikut ini tips buat Anda jika ingin Si Kecil pandai bahasa asing.

1. Pilihlah bahasa asing yang paling Anda kuasai untuk diajarkan kepada Si Kecil.

2. Sebisa mungkin, gunakan bahasa asing tersebut saat berkomunikasi dengan Si Kecil. Anda juga bisa membacakan cerita sebelum tidur dalam bahasa asing. Dengan begitu, ia akan terbiasa mendengar dan secara tidak langsung mempelajari struktur bahasa tersebut.

3. Sesekali, putarlah program favorit anak atau film berbahasa asing kesukaannya. Saat ia mendengar kosa kata baru, pelajari dan gunakanlah kata tersebut ketika Anda berbicara kepadanya.

4. Berikan Si Kecil mainan bilingual yang mendidik, seperti kartu-kartu angka, huruf, binatang, makanan, atau lainnya.




Memilih Tempat Kursus buat Anak

Nah, jika Anda merasa Si Kecil perlu belajar bahasa asing, Anda bisa juga mendaftarkannya kursus bahasa asing. Ada banyak tempat yang menyediakan fasilitas belajar bahasa asing bagi balita. Ini tips buat Anda dalam memilih tempat kursus bahasa asing tersebut, Moms.

1. Untuk menemukan tempat kursus yang tepat, Moms bisa ajak Si Kecil mengikuti free trial terlebih dahulu.

2. Cari tahu kualitas para pengajarnya. Pastikan juga mereka terbiasa berhadapan dengan anak-anak.

3. Pilih tempat kursus yang menggunakan metode pengajaran bahasa asing yang menyenangkan dan interaktif buat anak.

4. Tempat kursus sebaiknya berada di lokasi yang strategis dan tidak terlalu jauh dari rumah Anda, agar Si Kecil tidak telanjur kelelahan saat menjangkaunya. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Kiat agar Anak Bisa Sehat dan Sukses

Bentuk Karakter Anak untuk Pengendalian Diri yang Baik

Tips agar Anak Menjadi Pribadi yang Baik

OTHER ARTICLES

Moms, Ini Cara Membuat Anak Menjadi Si Happy Eater

Postnatal Anxiety, Takut Berlebih Ibu Baru pada Bayinya

Saat Anak Tidak Mau Lepas dari Ibunya, Mesti Bagaimana?

Manfaat Corat-Coret untuk Perkembangan Anak

Bagaimana Mengatasi Perbedaan Pandangan soal Anak?