Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 12 Januari 2019 / Redaksi

Biasakan Anak Makan Bersama Keluarga Yuk, Moms!

Di zaman serba sibuk ini, kegiatan makan bersama keluarga nyaris terlewatkan. Padahal kegiatan sederhana ini bisa membantu membentuk kepribadian anak dengan lebih baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang makan malam dengan orang tuanya akan tumbuh menjadi anak yang lebih sopan. Mereka juga punya pola makan yang sehat, menguasai banyak kosa kata dan lebih percaya diri. Survei komprehensif dari Universitas Michigan, AS, menambahkan bahwa anak tersebut akan memiliki prestasi akademik yang lebih baik dan lebih sedikit bermasalah dengan tingkah lakunya.

Saat berkumpul, Moms dan Dads tidak hanya hadir secara fisik, tetapi juga membangun atmosfer yang baik. Buat suasana yang hangat, penuh keakraban, dan bukan orang tua mengontrol Si Kecil. Berikut beberapa manfaat dan hal yang dapat dimaksimalkan selama makan bersama.




Menambah Kosakata Dengan Mengobrol

Makan malam bersama membuka peluang untuk percakapan dengan anggota keluarga lain. Dengan berbicara satu sama lain, tanpa gangguan gadget tentunya, Anda akan melatih Si Kecil untuk mendengarkan pencapat orang lain. Saat makan bersama, anak juga akan mempelajari banyak kosakata baru dan dipercaya menambah kemampuan anak untuk membaca. Menurut ahli, anak-anak mempelajari 1.000 kata saat makan malam bersama, dibandingkan ketika dibacakan buku cerita yang hanya 143 kata saja.

Hal ini tentunya mempermudah Si kecil ketika belajar membaca. Selain itu, Moms dapat memulai percakapan dengan bahasan sederhana, dengan beberapa tips ini:

• Tanyakan kegiatan Si Kecil di hari itu.

• Diskusikan isu terbaru yang baik dan pastikan Si Kecil juga melakukan hal yang sama.

• Dorong anak untuk berpartisipasi dalam percakapan.

• Jangan meremehkan kemampuannya walaupun ia masih kecil.


Membantu Perkembangan Mental

Makan malam bersama akan menciptakan rasa aman dan kebersamaan bagi Si Kecil. Hal ini tentunya akan memberi efek positif terhadap nilai, motivasi, identitas personal, dan rasa percaya dirinya. Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang mengerti, mengakui, dan mengikuti batasan yang diberikan oleh orang tuanya. Agar kebersamaan saat makan malam lebih optimal, perhatikan beberapa hal berikut:

• Matikan TV dan ponsel saat makan malam.



• Lakukan rutinitas ini minimal 4-5 kali dalam seminggu.

• Nikmati percakapan yang positif selama makan malam.

• Habiskan satu jam setelah makan untuk membersihkan peralatan makan sambil mengobrol dengan Si Kecil.


Asupan Nutrisi Terjaga

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan malam keluarga meningkatkan konsumsi sayur dan buah. Anak juga mengonsumsi sedikit saja makanan yang digoreng dan minuman soda. Selain itu, Si Kecil belajar tentang pola makan sehat yang akan terbawa sampai ia dewasa nanti. Moms dan Dads pun bisa membuat acara makan malam menjadi lebih seru dan menyenangkan bersama Si Kecil. Ikuti cara berikut ini, ya:

• Ajak Si Kecil ikut memasak. Berikan tugas mudah yang tidak melibatkan pisau atau benda tajam lain ya, Moms.

• Bereksperimen dengan resep yang unik.

• Gunakan tema yang berbeda, misalnya makanan bertema Indonesia di hari Senin, kemudian makanan dengan tema Italia di malam berikutnya, dan seterusnya.

• Olah makanan kesukaan Si Kecil bergantian dengan makanan kesukaan anggota keluarga yang lain.

• Buat kreasi makanan sendiri yang unik dan menarik. Atau coba resep yang ada di akun Youtube M&B, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Siasat Menangani Anak yang Suka Mengarang

Ini Ciri-Ciri Anak Cacingan dan Cara Mengatasinya

Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Bermain

OTHER ARTICLES

Hati-Hati! Balita Juga bisa Alami Bulimia lho, Moms

Waspada Moms, Stres Bisa Picu Kelahiran Prematur

Bayi Juga Perlu Disiplin, Ini 5 Tips Untuk Melatihnya

Waspadai 7 Jenis Kelainan Darah pada Bayi

Ini 4 Kekhawatiran Seorang Pria Setelah Menjadi Ayah