Mother&Baby Indonesia
Karakter Penting untuk Anak agar Siap Hadapi Masa Depan

Karakter Penting untuk Anak agar Siap Hadapi Masa Depan

Moms, saat ini dunia terasa semakin kompetitif, terlebih lagi di masa depan. Masa depan Si Kecil tentunya akan berbeda dengan masa kini. Di masa depan, ia akan menghadapi tantangan yang lebih sulit dan lebih beragam. Karena itu, mempersiapkan anak agar siap menghadapi masa depan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Moms tentunya ingin di masa depan Si Kecil tumbuh menjadi anak yang hebat dan lebih unggul dibandingkan anak lainnya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan Si Kecil nutrisi dan stimulasi terbaik untuk mendukung potensinya. Hal ini Anda lakukan untuk memastikan Si Kecil benar-benar siap menghadapi dunia luar. Anda tahu, jika didukung oleh nutrisi dan stimulasi terbaik, Si Kecil akan bisa menunjukkan potensi dan kemampuan terbaiknya.

Meskipun begitu, nutrisi dan keahlian-keahlian (skills) yang dimiliki anak saja tak cukup untuk membuatnya siap menghadapi masa depan. Moms juga harus menggali dan mengembangkan karakter Si Kecil. Para ahli berpendapat bahwa keahlian dan karakter yang seimbang penting untuk mempersiapkan anak menghadapi masa depan yang kompetitif. Jika anak memiliki kedua hal tersebut, ia akan tumbuh menjadi pribadi yang resilien (kemampuan untuk beradaptasi dan tetap teguh dalam situasi sulit) di masa depan.



Menggali dan mengembangkan karakter Si Kecil dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari, khususnya pada aktivitas yang bertujuan agar Si Kecil menjadi anak yang siap menghadapi tantangan, mudah beradaptasi, gigih, tak mudah menyerah, dan banyak akal. Salah satunya seperti aktivitas yang membuat Si Kecil menjadi lebih berani di lingkungan baru, senang bereksplorasi dan belajar hal baru yang positif, tak menyerah ketika mengalami kegagalan, dan senang memikirkan ide-ide ketika mengalami kesulitan.

Lantas, apa saja karakter yang perlu dimiliki oleh Si Kecil? Berikut ini 5 karakter anak yang akan bisa membentuk mereka menjadi pribadi yang resilien di masa depan:

1. Mandiri

Bisa mengandalkan kemampuan sendiri tanpa bergantung dengan orang lain. Anak bertanggung jawab dan aktif mengerjakan berbagai hal sendiri. Contoh sederhana adalah makan sendiri, membawa tasnya sendiri, atau membereskan mainannya sendiri.

2. Berani

Percaya diri dan mau mengambil risiko. Si Kecil tidak takut dan selalu antusias untuk mencoba hal-hal baru. Ia suka tantangan dan bereksplorasi. Moms bisa membantu Si Kecil agar menjadi berani dengan mengikutkan mereka di klub olahraga atau mengikuti berbagai kompetisi. 

3. Gigih



Teguh pada pendirian, mau berusaha melakukan sesuatu sampai selesai. Saat melakukan sesuatu, ia tidak mudah menyerah meskipun terjadi kemunduran dan hambatan. Contoh aktivitas yang bisa membuat mereka lebih gigih: Bermain puzzle, bermain bongkar pasang bangun, atau bermain teka-teki silang.

4. Banyak akal

Bertindak cepat dan efektif di bermacam situasi dan pandai mencari solusi. Cirinya, ia selalu berpikir out-of-the-box, dan tidak takut menghadapi masalah. Untuk mengasah karakter ini, coba tantang anak untuk menciptakan barang-barang dengan fungsi baru dari barang-barang lama seperti botol plastik, kardus bekas, dan lain sebagainya.

5. Adaptif

Mudah menyesuaikan diri dan senang di setiap situasi. Si Kecil dengan mudah bersosialisasi dan berbaur di lingkungan baru, tidak mudah stres menghadapi orang-orang dan lingkungan yang berbeda. Dukung ia dengan memberikan lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain dengan mendaftarkannya ke playgroup, atau ajak ia play-date dengan teman-teman Anda dan anak-anaknya.

Dengan memiliki karakter-karakter tersebut, Si Kecil diharapkan akan menjadi anak yang siap menghadapi tantangan masa depan, khususnya ketika Si Kecil telah memiliki nutrisi, keahlian, dan karakter yang baik dalam dirinya. Yuk Moms, bentuk karakter anak untuk siap dalam menghadapi masa depan. #RaiseThemReady.

Ingin tahu lebih lanjut tentang cara mempersiapkan Si Kecil untuk menghadapi masa depan? Klik https://www.nutriclub.co.id/raisethemready/. (Susanto Wibowo/ND/Dok. Freepik)



Tags: balita,   keterampilan,   karakter,   masa depan








Cover Januari - Februari 2020