Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 4 Januari 2019 / Redaksi

Moms, Ini 6 Keuntungan Memiliki Rutinitas dengan Anak

Rutinitas sehari-hari dapat memberikan rasa aman pada anak dan membantunya mengembangkan penguasaan diri. Itulah sebabnya Si Kecil perlu dilatih mengenal rutinitas. Ini 6 keuntungan memiliki rutinitas dengan anak, Moms.


1. Mengurangi Emosi Anda

Jika anak sudah terbiasa dengan rutinitas seperti menyikat gigi, istirahat siang, atau mematikan televisi untuk makan, Anda bisa berhenti menjadi orang yang 'paling menyebalkan' di rumah karena anak akan melakukannya tanpa perlu Anda suruh-suruh atau omeli terlebih dahulu.




2. Anak Akan Menguasai Sendiri Aktivitasnya

Seiring waktu, mereka belajar menyikat gigi, menyiapkan ransel, dan lain sebagainya tanpa perlu diingatkan. Anak akan senang jika ia bisa mengurus dirinya sendiri. Perasaan ini akan meningkatkan penguasaan diri pada Si Kecil.


3. Belajar Konsep Menunggu untuk yang Mereka Senangi

Anak Anda mungkin senang bermain di taman. Namun, ia akan belajar bahwa ia akan bermain di taman pada sore hari, dan ia akan menunggu hingga saatnya tiba.




4. Membantu Anak Terbiasa dengan Jadwal

Rutinitas harian akan membantu anak terbiasa dengan jadwalnya, sehingga mereka lebih mudah tidur di malam hari dan bisa beristirahat sesuai jam tidurnya.


5. Melatih Anak Bekerja Sama

Orang tua perlu memiliki koneksi dengan anak setiap hari. Peluklah anak setiap pagi atau menyebutkan anggota tubuhnya setelah mandi, misalnya “Ayo keringkan tangan, perut, dan kaki.” Jika sudah dibuat menjadi suatu kebiasaan, hal ini bisa membuat anak merasa aman dan melatihnya bekerja sama dengan baik.


6. Membantu Semua Berjalan Lancar

Dengan adanya rutinitas dan aturan yang telah disepakati bersama, sebuah keluarga akan memiliki kebiasaan yang sehat dan semuanya akan berjalan dengan lancar. (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM

 

 


RELATED ARTICLE

Moms, Ini Pentingnya Anak Mengenal Rutinitas dan Aturan

Tips Mengasuh Anak Sesuai Golongan Darahnya

Anak Butuh Bermain! Ini 5 Manfaat bagi Perkembangannya

OTHER ARTICLES

Cerita Cinta untuk Para Pejuang Kanker Tiroid

Tips Memotong dan Merapikan Kuku Bayi

Bolehkah Ibu Hamil Berendam Air Hangat? Ini Jawabannya

Perlukah Mengetahui Jenis Kelamin Bayi dalam Kandungan?

5 Penyebab Balita Emosi dan Cara Mengatasinya