Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 25 Januari 2019 / Redaksi

Moms, Ketahui Umur Berapa Bayi Bisa Melihat

Moms, bayi tentunya sudah dapat melihat sejak ia dilahirkan. Namun, tidak seperti indera pendengaran yang perkembangannya sudah cukup sempurna di 1 bulan pertama, penglihatan Si Kecil akan perlahan-lahan berkembang secara bertahap, mulai melihat dengan lebih baik di usia 6-8 bulan, dan akhirnya sama seperti orang dewasa di usia 1 tahun. 

Lalu, pada umur berapa bulan ia bisa melihat dan apa saja yang terjadi pada indera penglihatan Si Kecil di 1 tahun pertama kehidupannya? Dengan memahami perkembangan mata Si Kecil, Moms juga dapat membantunya mengenal berbagai hal baru yang bisa dilihatnya, lho!




0 bulan

Pandangan newborn masih sangat buram. Meskipun begitu, ia sudah dapat mengenali cahaya, bentuk, dan gerakan, lho. Karena itu, bayi baru lahir akan tampak tertarik dan mengarahkan matanya pada jendela atau sumber cahaya lainnya. Ia juga dapat berkedip sebagai upaya merespons cahaya terang yang datang tiba-tiba ke arahnya.

Pada tahapan ini, bayi juga belum belajar menggunakan kedua matanya untuk melihat satu objek. Jadi, jangan khawatir apabila mata Si Kecil terlihat tidak fokus dan seperti melihat ke sana kemari. Jarak pandang terjauhnya pun hanya sekitar 20-30 cm. Jadi, ia hanya bisa dengan jelas memandangi wajah Anda jika Anda menggendong dan memeluknya sangat erat.


1 bulan

Meskipun belum bisa melihat jauh, hal ini bukan masalah karena wajah Anda adalah hal yang sangat menarik baginya. Ini merupakan saat yang tepat baginya untuk mengeksplorasi wajah Anda dan menjadikan Anda sebagai objek favoritnya. Untuk mengembangkan kemampuan melihatnya, saat mendekap Si Kecil, lakukan kontak mata dan biarkan ia menatap dan mempelajari wajah Anda. Moms juga bisa menggerakkan kepala dari kanan ke kiri perlahan-lahan sambil tetap melakukan kontak mata dengan Si Kecil.


2-3 bulan

Memasuki bulan ke-2, Si Kecil masih kesulitan membedakan warna dengan rona yang serupa, seperti merah dan oranye. Karena itu, ia lebih tertarik dengan kontras sangat tinggi seperti pola hitam-putih. Namun, ia juga sudah mulai belajar melihat warna dengan 3 dimensi warna, yaitu hue (corak), saturation (intensitas cahaya), dan brightness (tingkat kecerahan). Moms bisa menstimulasi penglihatannya dengan memberikan objek yang memiliki berbagai macam bentuk dan pola agar Si Kecil lebih atraktif.

Bulan berikutnya, otak Si Kecil sudah mulai bekerja untuk mempelajari perbedaan warna. Ia pun mulai bisa memilih warna-warna primer yang cerah dan tertarik dengan objek yang memiliki detail dan desain rumit. Bantu tahapan perkembangan penglihatannya dengan menunjukkannya berbagai jenis gambar, foto, buku, dan mainan.




4 bulan

Saraf-saraf yang berhubungan dengan mata mulai berfungsi dan mengembangkan persepsi tentang apa yang dilihatnya, namun Si Kecil belum mampu menangkap objek dengan jelas, baik dari segi ukuran, bentuk, hingga posisi objek. Di tahapan ini, bayi juga mulai pandai mengontrol tangannya, sehingga perkembangan penglihatannya sangat membantunya untuk meraih sesuatu seperti rambut atau mainan.


5-6 bulan

Si Kecil makin baik dalam melihat benda-benda sangat kecil dan objek bergerak, bahkan mampu mengenali sesuatu hanya dengan melihat sebagian dari benda tersebut. Kepekaan matanya semakin baik dalam melihat garis dan pola ataupun struktur suatu objek, serta gradasi warna yang berbeda. Bayi Anda juga mulai banyak mengerti tentang benda-benda di sekitarnya, baik yang bergerak maupun yang diam. Ini mengapa di usia ini, bayi sangat menyukai permainan ciluk ba. Selain itu, ia juga suka sekali melihat ekspresi wajah Anda dan menunjukkan rasa ketertarikannya dengan terkekeh atau mencoba meniru ekspresi yang ia lihat tersebut.


7-8 bulan

Di usia ini, meski perhatian Si Kecil masih tetap pada objek yang dekat, pandangannya sudah cukup kuat dalam mengenali orang-orang atau objek di sekitar ruangan. Penglihatannya sudah hampir menyamai orang dewasa dalam hal kejelasan dan persepsi kedalaman, dan ia juga sudah dapat mengenali warna-warna dengan jelas.


9-12 bulan

Penglihatan Si Kecil makin tajam, baik terhadap warna maupun objek. Ia sudah dapat menunjuk atau meminta benda di sekitarnya, juga memilih dan mengambil benda yang ia sukai. Di akhir tahun pertamanya, penglihatannya semakin sempurna, sama seperti orang dewasa normal. Si Kecil juga sudah dapat memahami perbedaan antara dekat dan jauh, sehingga dapat mengenali orang-orang yang ia kenal dari kejauhan. (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Moms Perlu Tahu, Teori Baru Tumbuh Kembang Bayi (3)

Tips Menstimulasi Kreativitas Anak sejak Dini

Moms Perlu Tahu, Teori Baru Tumbuh Kembang Bayi (2)

OTHER ARTICLES

Cegah Alergi dengan Jaga Kebersihan Udara di Rumah

Tips Memilih dan Mengonsumsi Susu UHT yang Aman

Ini Alasan Bayi Baru Lahir Jangan Langsung Dimandikan

Balita Bersikap Bossy? Ini yang Moms Harus Lakukan

Rekomendasi 4 Area Glamping untuk Keluarga