Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Lemak untuk MPASI

Pentingnya Lemak untuk MPASI

Moms, Si Kecil akan segera memulai MPASI (makanan pendamping ASI) pertamanya? Wah, pasti Anda sangat excited sekaligus deg-degan ya, Moms. Ya, saat Si Kecil memasuki usia 6 bulan, para ibu mulai disibukkan dengan berbagai persiapan MPASI.

Pertanyaan-pertanyaan pun muncul, mulai dari peralatan apa saja yang harus disiapkan, hingga makanan yang paling baik untuknya. Nah Moms, MPASI dengan gizi seimbang merupakan ujung tombak bayi berkembang dengan tumbuh kembang yang optimal, dan tentunya, kebiasaan untuk mengonsumsi nutrisi seimbang harus dimulai sejak dini. Karena itu, macam-macam nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, bahkan lemak perlu diberikan pada anak saat masa-masa makan pertamanya.

Sebenarnya, seberapa pentingnya sih, pemberian lemak pada anak? Sangat penting, Moms. Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga tentunya membutuhkan asupan lemak untuk mendukung tumbuh kembangnya, syaraf-syarafnya, serta tumbuh kembang sel-sel otaknya.



Lalu, lemak seperti apa yang baik untuk diberikan pada anak? Lemak ada berbagai jenis, dan jenis lemak tak jenuh adalah yang harus kita pilih untuk anak. Kebanyakan ibu berpikir bahwa lemak identik dengan produk hewani seperti susu atau butter. Padahal, lemak juga bisa didapatkan dari sumber makanan nabati lho, Moms, seperti dari kacang-kacangan, atau minyak nabati.


Untuk anak-anak, lemak nabati seperti Extra Virgin Olive Oil (EVOO) pun bisa menjadi pilihan. Anak-anak dengan intoleransi laktosa juga dapat mengkonsumsi EVOO. Selain bisa memenuhi kebutuhan lemak anak, EVOO pun sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem imunitas, mendukung perkembangan otak, menjaga kesehatan jantung, menstimulasi pertumbuhan dan menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta sebagai antioksidan.



Ingin tahu lebih lanjut mengenai pemberian lemak pada anak serta cara untuk memilih EVOO (Extra Virgin Olive Oil) yang berkualitas? Yuk, simak penjelasan dari dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK Spesialis Gizi Klinik, serta tips memilih Olive Oil yang baik dari Yummy Bites, di video berikut ya, Moms! (Nanda Djohan/Dok. Yummy Bites & M&B Picture Library)





Tags: mpasi,   lemak untuk mpasi,   olive oil,   memilih olive oil








Cover Januari - Februari 2020