Mother&Baby Indonesia
Moms Perlu Tahu, Teori Baru Tumbuh Kembang Bayi (3)

Moms Perlu Tahu, Teori Baru Tumbuh Kembang Bayi (3)

Moms, bayi Anda ternyata jauh lebih pintar daripada yang Anda bayangkan. Banyak penelitian yang sudah dilakukan untuk mengetahui rahasia tumbuh kembang bayi. Nah, berikut ini update terbaru seputar cara berpikir dan tumbuh kembang Si Kecil yang luar biasa serta apa yang perlu Moms lakukan agar tumbuh kembangnya bisa optimal.

Anda juga bisa baca artikel sebelumnya, Moms Perlu Tahu, Teori Baru Tumbuh Kembang Bayi (2), untuk mengetahui update seputar cara berpikir dan tumbuh kembang Si Kecil lainnya.




Mencocokkan Suara

Pemikiran lama: Bayi hanya mampu mengenali suara orang-orang terdekatnya.

Pemikiran baru: Pada usia 3 bulan, bayi mampu mengenali dan mencocokkan jenis suara yang ia dengar dengan wajah yang ia lihat.

Jika Anda mengundang teman untuk berkunjung, Si Kecil akan belajar dan mengenali bahwa suara yang ia dengar adalah suara teman Anda. Sebuah penelitian dari Exeter University, Inggris, mengajari seorang bayi berumur 3 bulan untuk mencocokkan suara dengan wajah. Setelah tahap perkenalan suara dan wajah selama 90 detik, bayi tersebut mampu mengetahui ketika suara yang ia dengar tidak sesuai dengan wajah yang ia ingat sebelumnya.

Yang perlu Moms lakukan: Biarkan teman Anda berbincang dengan Si Kecil menggunakan suara yang normal. Tidak hanya Si Kecil akan merasa senang, Anda juga akan melihat kemampuannya dalam mengenali suara asing tersebut.


Daya Ingat

Pemikiran lama: Jika Si Kecil tidak menunjukkan keahlian, contohnya bertepuk tangan, mungkin ia lupa cara untuk melakukannya.

Pemikiran baru: Tanpa Anda sadari, bayi mampu memahami dan tahu banyak hal melebihi dari apa yang ia tunjukkan.



Carolyn Rovee-Collier, Ph.D, profesor psikologi dari Rutgers University di New Brunswick, New Jersey, AS, mengatakan bahwa Si Kecil seringkali tidak menunjukkan keahliannya kepada seseorang yang jarang ia temui.

Itulah sebabnya Si Kecil tak mau bertepuk tangan ketika pamannya yang tak pernah ia lihat sebelumnya, memintanya. Pada usia 12 bulan, bayi akan mampu mengetahui dan mengenali orang asing dan menilai apakah orang tersebut ramah atau tidak dan akan dengan senang hati menunjukkan keahliannya kepada mereka.

Yang perlu Moms lakukan: Tetap ajarkan Si Kecil berbagai keahlian baru meskipun ia tampak tak tertarik atau belum bisa melakukannya.


Menguasai Keahlian

Pemikiran lama: Untuk menguasai suatu keahlian, bayi memerlukan waktu yang singkat.

Pemikiran baru: Bayi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menguasai suatu keahlian.

Penelitian dari University of Massachusetts Amherst, AS, meneliti bagaimana anak usia 9-12 bulan belajar untuk memegang sebuah alat. Para ahli menyimpulkan bahwa tidak peduli seberapa sering dan berapa banyak cara yang dilakukan anak usia ini untuk memegang sendok, mereka terus melakukannya dengan cara yang berbeda. Ketika memasuki umur 15 bulan, Si Kecil barulah akan mulai melakukannya dengan benar.

Yang perlu Moms lakukan: Bersabarlah karena proses belajar membutuhkan waktu. Jangan merasa kesal karena Si Kecil tak langsung bisa menguasai suatu kemampuan. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   tumbuh kembang