Mother&Baby Indonesia
Moms Perlu Tahu, Teori Baru Tumbuh Kembang Bayi (2)

Moms Perlu Tahu, Teori Baru Tumbuh Kembang Bayi (2)

Moms, bayi Anda ternyata jauh lebih pintar daripada yang Anda bayangkan. Banyak penelitian yang sudah dilakukan untuk mengetahui rahasia tumbuh kembang bayi. Nah, berikut ini update terbaru seputar cara berpikir dan tumbuh kembang Si Kecil yang luar biasa serta apa yang perlu Moms lakukan agar tumbuh kembangnya bisa optimal.

Anda juga bisa baca artikel sebelumnya, Moms Perlu Tahu, Teori Baru Tumbuh Kembang Bayi (1), untuk mengetahui update seputar cara berpikir dan tumbuh kembang Si Kecil.




Perbedaan Gender

Pemikiran lama: Bayi laki-laki dan perempuan sama ketika lahir, dan perbedaan akan muncul seiring tumbuh kembang mereka.

Pemikiran baru: Meskipun faktor sosial memengaruhi pembentukan identitas Si Kecil, perbedaan laki-laki dan perempuan sudah ada sejak mereka dilahirkan.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa anak laki-laki berumur 6-8 bulan lebih menikmati interaksi dengan banyak orang, sedangkan anak perempuan di usia yang sama lebih memilih pendekatan individu.

Ketika para ahli mencoba untuk menghitung berapa lama para bayi ini memberikan perhatiannya terhadap sebuah boneka, terbukti bahwa bayi perempuan menghabiskan waktu lebih lama untuk bermain dengan 1 boneka, dan di sisi lain, bayi laki-laki cenderung tertarik dengan sekumpulan mainan dan tidak terfokus hanya dengan 1 mainan saja.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa bayi perempuan pada masa 4 bulan pertama pertumbuhannya lebih sering melakukan tatap muka dibandingkan dengan bayi laki-laki yang memerlukan proses lebih lama untuk bisa melakukannya.

Yang perlu Moms lakukan: Jangan terkejut ketika anak perempuan Anda tidak tertarik bermain bersama anak-anak lain. Cobalah untuk membantunya berfokus kepada 1 atau 2 anak terlebih dahulu sebelum mencoba memperkenalkannya kepada semua orang sekaligus. Berbeda dengan anak laki-laki, Anda akan menyadari bahwa interaksi sosial lebih menarik perhatiannya dibandingkan dengan bermain sendiri di rumah.




Mengenali Benda

Pemikiran lama: Pada usia 8 bulan, Si Kecil mulai sadar akan benda dan objek yang pernah ia kenali, bahkan pada saat benda tersebut tak ada di jangkauan penglihatannya.

Pemikiran baru: Bayi mampu mengenali dan mengingat benda-benda di sekitarnya pada usia dini, lebih cepat daripada yang dibayangkan.

Para psikolog berpendapat bahwa mengerti, mengingat, dan mengenali suatu objek  mulai terlihat pada saat anak berusia 3 bulan. Para ahli dari University of Otago, Selandia Baru, melakukan penelitian dengan cara menyembunyikan sebuah mainan dan membiarkan para bayi mencarinya.

Hasilnya, sebagian besar anak menemukannya di tempat yang benar beberapa detik setelah benda tersebut disembunyikan. Daya ingat bayi-bayi tersebut akan bentuk sebuah objek hanya bertahan selama 8 detik, namun akan terus berkembang seiring pertumbuhan mereka.

Yang perlu Moms lakukan: Meskipun anak Anda belum mampu berkomunikasi dengan kata-kata, ia sudah mulai merasakan dan menyadari apa yang ada di sekitarnya dan memungkinkannya untuk memiliki pendapat dan cara berpikir sendiri. Cobalah untuk menghormati dan memahami pikirannya.

Misalnya, ketika Anda akan mengambil mainan dari genggamannya, karena sudah waktunya untuk pulang dari daycare, cobalah untuk memberi peringatan terlebih dahulu. Anda bisa mencoba mengatakan “Mama akan meletakkan boneka ini karena sekarang sudah waktunya pulang. Tapi Mama akan menaruhnya di sini. Jadi ketika kamu datang kembali besok, boneka ini akan tetap di sini, menunggumu untuk bisa bermain bersama lagi.”

Si Kecil mungkin tidak akan mengerti apa yang Anda katakan, namun perbuatan Anda akan meyakinkannya bahwa Anda tengah memberikan perhatian. Bisa Anda bayangkan, bagaimana tidak enaknya diganggu ketika asyik melakukan sesuatu, bukan?

Mau tahu apa lagi update terbaru seputar cara berpikir dan tumbuh kembang Si Kecil yang luar biasa, Moms? Nantikan artikel berikutnya ya. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   tumbuh kembang