Home - Bayi - Perawatan Bayi / 18 Maret 2019 / Redaksi

Cara Mudah Mengeluarkan Ingus pada Bayi

Seperti orang dewasa, bayi juga kerap mengalami pilek atau flu yang bisa menyebabkan hidungnya tersumbat, Moms. Di tahun pertamanya, bayi umumnya memang lebih mudah terkena pilek atau flu. Hal ini dikarenakan sistem daya tahan tubuhnya masih berkembang dan belum terbentuk dengan sempurna, sehingga Si Kecil pun mudah terinfeksi virus.

Sama halnya dengan orang dewasa yang akan merasa tidak nyaman dengan hidung tersumbat ini, Si Kecil pun akan mengalami hal yang sama. Selain jadi rewel karena merasa tidak nyaman, hidung tersumbat juga membuat bayi kesulitan bernapas, bahkan bisa membuat nafsu makannya menurun lho, Moms.

Belum lagi jika saat flu menyerang, Si Kecil bisa berkali-kali mengeluarkan lendir atau ingus dari hidungnya, Moms. Nah, jika ingus ini tidak dibersihkan segera dan secara rutin, tentu akan bisa menambah parah sakit yang diderita Si Kecil. Bagi Anda para orang tua baru, hal tersebut tentunya akan menimbulkan rasa cemas dan kekhawatiran tersendiri.



Namun tidak perlu panik Moms, jika Si Kecil mengalami hal ini. Anda bisa melakukan beberapa cara sederhana berikut untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi dan membantunya mengeluarkan ingus agar ia bisa kembali bernapas dengan lega. Ini caranya, Moms.


Bantu Bayi Membuang Ingusnya

Bayi tentunya belum bisa membuang ingusnya sendiri. Jadi, ia akan sangat memerlukan bantuan Anda untuk mengatasi hal tersebut.

Untuk itu, Moms bisa menggunakan alat penyedot lendir atau nasal aspirator. Alat ini dapat diperoleh di apotek atau toko perlengkapan khusus bayi. Sebelum dipakai, sterilkan terlebih dahulu ujung atau bagian pipet yang akan dimasukkan ke hidungnya.

Pertama, teteskan obat atau semprot hidung dengan cairan yang berisi NaCl fisiologis 0,9 persen (tersedia di apotek) agar saluran pernapasan bayi menjadi lembap sehingga lendir pun menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan dengan nasal aspirator.


Bersihkan Hidung Bayi

Terkadang lendir atau ingus bayi akan mengeras dan menjadi kerak jika tidak dibersihkan. Karena itu, Moms perlu membersihkan hidung bayi untuk mencegah penyumbatan hidung. Caranya, bisa dengan menggunakan cotton bud.

Basahi cotton bud dengan air hangat, lalu ambil kotoran yang mengeras tersebut untuk membantu mengatasi hidung bayi yang tersumbat. Agar tidak merepotkan, sebaiknya Moms lakukan ini ketika Si Kecil sedang tertidur.



Moms juga bisa pijat lembut bagian hidung Si Kecil untuk membantu ingus keluar dengan mudah. Hati-hati saat membersihkannya, gunakan handuk hangat atau cotton bud basah untuk menghindari iritasi.


Lakukan Penguapan

Hidung tersumbat membuat Si Kecil sulit bernapas. Untuk memudahkannya, ia membutuhkan udara yang lembap dan hangat. Moms bisa membantunya untuk menghirup uap dari baskom yang diberi air hangat.

Jika rumah Anda memiliki fasilitas air panas di kamar mandi, bawa Si Kecil ke dalam kamar mandi dengan keran air panas yang menyala, sehingga ia dapat menghirup uapnya. Anda juga bisa menggunakan humidifier untuk melembapkan udara di dalam rumah.


Tepuk-Tepuk Punggung Bayi

Biasanya, bayi yang hidungnya tersumbat akan rewel dan merasa tidak nyaman. Untuk membuatnya nyaman, Moms bisa menepuk-nepuk punggung Si Kecil secara perlahan. Taruh Si Kecil dalam posisi tengkurap kemudian tepuk perlahan punggungnya. Selain menenangkannya, cara ini juga bisa membantu lendir yang menyumbat keluar dari dalam hidung Si Kecil.


Atur Posisi Tidur

Ketika Si Kecil ingin tidur, buat ia lebih nyaman saat hidungnya tersumbat dengan cara menambahkan bantal untuk meninggikan posisi kepalanya. Posisi kepala yang lebih tinggi membuat Si Kecil lebih mudah menghirup udara. Selain itu, posisi ini juga membuat lendir tidak menggumpal di dalam hidung. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Ini Penyebab Bayi Lahir Kembar Siam

6 Masalah Kulit yang Sering Dialami Bayi Baru Lahir

Waspada Dehidrasi pada Bayi Anda, Moms!

OTHER ARTICLES

Tips Lancar Berpuasa bagi Penderita Diabetes

Masalah Setelah Melahirkan: Varises dan Wasir

Masalah Setelah Melahirkan: Prolaps Organ Panggul (POP)

Pertanyaan Seputar Rupa Calon Bayi yang Ingin Anda Tahu

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Sahur