Mother&Baby Indonesia
Cara Aman Membersihkan Hidung Bayi

Cara Aman Membersihkan Hidung Bayi

Jika Moms dan Dads baru saja menjadi orang tua, tentu ada banyak tantangan dalam mengurus dan merawat Si Kecil, ya. Terutama dari sisi higienitas, di mana tidak hanya perlengkapan yang dikenakan pada bayi, tetapi juga tubuhnya yang harus terjaga agar tetap bersih.

 

Tubuh bayi sendiri masih sangat sensitif dan rentan terkena penyakit. Imun mereka juga masih berkembang, sehingga butuh perawatan ekstra seperti memandikannya secara teratur dan pemberian asupan ASI yang cukup untuknya.



 

Salah satu masalah yang bisa Si Kecil alami adalah adanya penumpukan kotoran di hidung yang dapat menyebabkan hidung bayi tersumbat hingga sulit bernapas. Sebenarnya, kotoran tersebut dapat keluar sendiri saat bayi bersin. Namun, Anda juga bisa membersihkannya dengan cara berikut ini:

• Masukkan cotton bud yang telah dibasahi dengan air hangat ke lubang hidung Si Kecil, tetapi jangan terlalu dalam,

• Bersihkan dengan melakukan gerakan memutar secara perlahan untuk menghindari iritasi.



• Hindari membersihkan hidung dengan menyedot. Tindakan ini dapat mentrasfer bakteri yang mungkin saja terdapat di dalam mulut orang tua ke hidung bayi.

• Apabila penumpukan kotoran sudah sangat menganggu pernapasan Si Kecil, sebaiknya Anda membawanya ke dokter anak atau dokter THT.

 

Saat Si Kecil menyedot ASI, ini juga menjadi salah satu cara untuk meredakan sumbatan pada hidung bayi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan obat tetes hidung yang dijual di pasaran dan meneteskan sebanyak satu sampai dua kali. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   membersihkan hidung








Cover Januari - Februari 2020